25 Ide Memaksimalkan Peluang Usaha Laundry

25 Ide Memaksimalkan Peluang Usaha Laundry

Blog Bisnis Indonesia | 25 Ide Memaksimalkan Peluang Usaha Laundry - Peluang perjuangan laundry memang cocok untuk Anda yang tinggal di kawasan perumahan atau dekatn dengan kos-kosan.


Di kurun yang semakin sibuk ini , tidak banyak lagi orang yang sempat mencuci bajunya sendiri , atau banyak sekali materi di rumah menyerupai bedcover , karpet , curtain dan seprai yang cukup memakan tenaga bila harus dicuci sendiri.

Melihat peluang tersebut , yakni sebuah hal yang menarik untuk membuka peluang perjuangan laundry. Namun sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut sebelum memulai perjuangan semoga keberhasilan dan kesuksesan lebih terjamin:


1. Ide Bisnis Peluang Usaha Laundry Kiloan Rumahan paling mudah dijalankan alasannya yakni Tempat Bisa Mulai dari Rumah  


Tempat Bisa Mulai dari Rumah Pada Peluang Usaha Laundry


Lokasi yakni salah satu hal terpenting untuk membesarkan urusan ekonomi laundry. Anda mampu saja memulainya dari dalam rumah , membuka sedikit tempat untuk mendapatkan baju-baju atau lainnya yang ingin dicuci. 

Biasanya , di perumahan urusan ekonomi laundry kiloan juga sangat laris , apalagi di tempat yang ramai oleh orang bekerja atau mahasiswa , yang memang waktunya terbatas untuk mencuci.

Jika lingkungan rumah Anda kurang mendukung , barulah Anda dapat memikirkan solusi lokasi lainnya menyerupai di depan minimarket yang ramai dikunjungi orang.

Dengan modal awal sekitar 20an juta rupiah untuk pengadaan mesin basuh , operasional lainnya , dan biaya tidak tetap pada bulan pertama menyerupai listrik , air , dll untuk harga laundry per kilo 7 ribu rupiah. Apabila dalam satu hari mampu mencuci 90 kg baju maka dalam sebulan omset yang mampu di dapat yakni sekitar 19 juta rupiah. Apabila dikurangi biaya karyawan , operasional , dll maka mampu didapat untung sekitar 14 juta rupiah per bulannya.


2. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Koin


peluang perjuangan laundry koin


Mungkin laundry koin bagi sebagian orang masih terdengar asing. Namun bahwasanya laundry koin ini sudah banyak terdapat di kota besar menyerupai Jakarta. Memang belum terlalu menjamur dibandingkan laundry kiloan dan laundry rumahan.

Konsep laundry koin yakni self service , pengguna semacam menyewa mesin basuh untuk mencuci sendiri di tempat laundry koin. Pengguna boleh membawa sabun basuh sendiri atau membeli yang sudah disediakan di lokasi laundry koin. Pengguna mencuci sendiri dengan memasukkan sejumlah uang koin pada mesin basuh laundry koin.

Laundry koin ini lumayan banyak peminatnya alasannya yakni privasi dengan mencuci sendiri tentunya kualitas kebersihan pakaian mampu lebih terjaga alasannya yakni mencuci sendiri. Selain itu baju akibat dicuci dan dikeringkan lebih cepat sehingga lebih cepat dibawa pulang.

Mengenai modal dan keuntungan berbisnis laundry koin ini , modal yang dikeluarkan memang cukup besar sekitar 200 juta rupiah untuk pengadaan 3 mesin basuh laundry koin dan kemudahan pendukungnya. Sedangkan keuntungannya yang mampu didapat dari 3 mesin basuh laundry koin tersebut sekitar 350 juta sehingga perhitungannya dalam 1 tahun mampu balik modal.



3. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Sepatu


peluang perjuangan laundry sepatu


Laundry khusus sepatu mampu menjadi sangat prospek alasannya yakni pasarnya yakni orang-orang yang mengoleksi sepatu mahal dengan perawatan yang tidak boleh sembarangan sehingga perlu perlakuan khusus termasuk dalam kebersihannya.

Laundry sepatu memang tidak umum dan memang gres ada di kota-kota besar tertentu saja. Untuk mendirikan laundry sepatu memerlukan pengetahuan khusus mengenai bahan-bahan untuk membuat sepatu alasannya yakni setiap materi memiliki cara perawatan tersendiri , begitu pula ketika pengeringan.

Dengan biaya laundry sepatu per pasang 30-100ribu anda mampu untung hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Dengan modal awal sekitar 4 ,5 juta untuk peralatan komplit , bila sehari mampu mencuci 15 sepatu dengan biaya 35 rb rupiah maka dalam sebulan mampu menghasilkan omset sekitar 13 juta , yang setelah dihitung-hitung menghasilkan profit laba bersih sekitar 6 juta rupiah. Lumayan bukan?


4. Ide Bisnis Peluang Usaha Agen Laundy Bisnis Tanpa Modal


peluang perjuangan biro laundry urusan ekonomi tanpa modal


Salah satu urusan ekonomi laundry tanpa modal yakni dengan menjadi biro laundry. Konsepnya juga sangat sederhana.

Dengan membuka kios atau mampu juga rumahan sebagai biro untuk mendapatkan laundry pakaian kotor , kemudian setiap hari setor ke laundry sentra yang memproses pakaian kotor. Sehingga peran biro laundry hanya mencari atau menjemput konsumen dan menyetor pakaian kotor ke laundry sentra , kemudian laundry sentra memprosesnya.

Apabila laundry sentra sudah akibat memproses baju kotor maka biro mengambil kembali baju yang telah disetorkannya dan menunggu konsumen mengambilnya atau mengantarkannya ke rumah konsumen. Sebagai biro akan mendapatkan bagi hasil dalam hitungan persen dari nilai total laundry yang disetorkannya.

Untuk urusan ekonomi peluang perjuangan biro laundry mampu tanpa modal tidak mengeluarkan uang sama sekali atau mengeluarkan sejumlah uang tertentu untuk mendaftar menjadi biro laundry tergantung pada kebijakan masing-masing laundry.


5. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Karpet


peluang perjuangan laundry karpet


Hampir tidak ada rumah yang tidak memakai karpet alasannya yakni itu laundry karpet ini merupakan peluang perjuangan yang prospek alasannya yakni masih jarang ditemukan di beberapa daerah.

Dengan modal awal sekitar 75 juta untuk mesin penyikat , pengering , dan peralatan operasional lainnya. Apabila biaya laundry karpet antara 25 rb hingga 100 rb tergantung jenis karpet dan kekotorannya , maka diperkirakan mampu balik modal dalam kurun waktu 3 bulan apabila sehari mampu mendapatkan laundry untuk 35 buah karpet.


6. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Helm


peluang perjuangan laundry helm


Mungkin sebagian orang beranggapan perjuangan laundry helm itu gila alasannya yakni helm jumlahnya tidak sebanyak pakaian dan mampu dicuci sendiri. Namun janganlah berpikiran menyerupai itu alasannya yakni tidak semua orang sempat untuk mencuci helmnya sendiri.

Apalagi jaman sekarang dimana hampir semua orang menyukai kepraktisan dan keefisienan , maka orang-orang menyerupai itulah target pasar dari laundry helm ini. Terlebih untuk mencuci helm tidak butuh alat khusus sehingga modal untuk mendirikan laundry helm ini sangat terjangkau hanya dengan ratusan ribu rupiah saja anda sudah mampu membeli perlengkapan laundry helm menyerupai sikat , pewangi , pengering , dan operasional lainnya.

Dengan mematok harga laundyr per helm sekitar 10 ribuan rupiah maka dalam waktu 1 bulan bahkan kurang pun anda mampu balik modal dan profit hingga 60% per helm yang dicuci. Sangat menggiurkan bukan?


7. Ide Bisnis Peluang Usaha Laundry memerlukan Riset Harga


Dengan bertebarannya banyak sekali gerai urusan ekonomi laundry dan basuh kiloan , tentunya terlebih dahulu Anda perlu melaksanakan sedikit riset harga semoga nantinya perjuangan laundry Anda dapat bersaing. Paling tidak lakukan riset di 5 tempat terdekat dengan lokasi Anda akan membuka gerai. 

Mintalah kertas yang biasanya dipakai sebagai bon laundry yang tertera seluruh harga. Dari situ Anda dapat mulai memperkirakan harga yang akan dipasang nantinya.


8. Ide Bisnis Peluang Usaha Laundry Memerlukan Modal untuk Realisasi


Modal bukanlah hal terpenting dalam memulai suatu perjuangan , yang terpenting yakni kemauan yang berpengaruh dari dalam diri Anda sendiri. Jika sudah memiliki kemauan berpengaruh , modal dapat dicari dari mana-mana. 

Anda mampu saja menggunakan harta langsung atau menggadaikan sementara beberapa barang berharga , atau meminjam pada sanak keluarga , bahkan mengajukan ke bank. Modal ini nantinya digunakan untuk membeli peralatan laundry.


9. Ide Bisnis Peluang Usaha Laundry Memerlukan Peralatan Laundry


Tentunya setelah mendapatkan modal yang cukup , Anda perlu sedikit berbelanja atau mengambil kredit untuk banyak sekali peralatan laundry. Paling tidak , bila perjuangan sangat gres dimulai , Anda membutuhkan ketiga barang berikut :

  • · Marking machine : Untuk melabeli pakaian semoga tidak tertukar satu sama lain ketika dicuci
  • · Washing machine : Mesin basuh untuk mencuci pakaian
  • · Drying Tumbler : Untuk mengeringkan pakaian seketika


10. Peralatan Tambahan Laundry Diperlukan Pada Peluang Usaha Laundry


Selain peralatan besar , tentunya ada beberapa peralatan pemanis yang dapat digunakan untuk mendukung acara laundry , menyerupai trolley untuk menampung pakaian kotor , timbangan (untuk basuh kiloan) , pewangi , setrika , meja setrika , baskom , hanger (gantungan pakaian) , rak untuk menyimpan baju bersih , dan plastik baju bersih.


11. Bahan Mencuci Untuk Laundry Diperlukan Pada Peluang Usaha Laundry


Bahan Mencuci Untuk Laundry Diperlukan Pada Peluang Usaha Laundry


Selain banyak sekali macam peralatan , tentunya dibutuhkan bahan-bahan untuk mencuci , alasannya yakni air saja tidak cukup untuk menghilangkan noda pada bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perjuangan laundry antara lain

  • · Air : perhatikan kandungan air untuk mencuci. Ada baiknya untuk melaksanakan filter terlebih dahulu sehingga kandungan magnesium dan kalsium hilang sehingga tidak merusak mesin. 
  • · Sabun dan deterjen : menghilangkan noda dan kotoran pakaian. Deterjen dapat terdiri dari nobla , clax , dan hamix. 
  • · Cygnet sour : menghilangkan anyir sabun ketika pembilasan.
  • · Softener : sebagai pewangi.
  • · Pemutih (bleaching agent) : Untuk bahan-bahan berwarna putih semoga terlihat bersih.
  • · Spot removing agent : untuk menghilangkan noda yang tidak hilang dicuci dengan deterjen.


12. Peralatan Dry Cleaning Diperlukan Pada Peluang Usaha Laundry


Biasanya dengan membuka perjuangan laundry , otomatis dry cleaning juga termasuk di dalamnya. Karena cara mencuci secara kering ini sedikit berbeda dengan laundry , maka terdapat peralatan yang berbeda , menyerupai :

  • · Dry Cleaning Machine : terdiri dari cold unit yang terpisah dengan mesin pengering dan hot unit yang digabung dengan mesin pengering
  • · Utility Wool Press : Melicinkan celana di bab kaki
  • · Pant Topper : Melicinkan celana bab atas , jas , kemeja , punggung
  • · Form Finisher : untuk melicinkan blouse , kemeja , dress , dan jas
  • · Silk Press Unit : untuk pakaian berbahan sutra

Baik utility press , pant topper , form finisher , dan silk press unit merupakan bab dari mesin pengering pada dry cleaning.


13. Bahan Mencuci Untuk Dry Cleaning  Diperlukan Pada Peluang Usaha Laundry


Untuk dry cleaning , bahan-bahan mencucinya juga sedikit berbeda dari laundry biasa , yaitu :

  • · Petroleum solvent : menghilangkan zat yag dapat merusak pakaian
  • · Synthetic solvent : karbon tetraklorida , trikloroetilen , dan percloroetilen. Solvent perkloroetilen yakni jenis yang terbaik dan lebih aman dari petroleum solvent. 
  • · Bubuk Saringan / Filter Powder
  • · Activated Carbon


14. Jenis Noda pada Pakaian Kotor dan Cara Mengatasinya Perlu Diperhatikan Pada Peluang Usaha Laundry


Ternyata banyak sekali noda memiliki penanganan yang berbeda-beda di tempat laundry , menyerupai :

  • · Minyak , Lemak , Parafin. Tidak larut air , harus dilarutkan dengan dry cleaning solvent. 
  • · Garam , Gula , Kecap , Saus. Larut dicuci dengan air. 
  • · Debu , Pasir. Tidak larut dengan air maupun solvent. Harus dikeluarkan dengan bantingan. 
  • · Tinta , Lem , Cat. Harus dibersihkan dengan pembersih khusus noda. 


15. Jenis Benang Pakaian Perlu Diperhatikan Pada Peluang Usaha Laundry


Ada tiga jenis benang yang cara pencuciannya berbeda-beda dan harus diperhatikan , yaitu :

  • · Serat benang alami atau sintesis
  • · Anyaman : berganda/bervariasi , lemah/kuat
  • · Warna : apakah tahan air dan tahan dry cleaning. 


16. Pemasaran Usaha Harus Dilakukan Pada Peluang Usaha Laundry


Pemasaran Usaha Harus Dilakukan Pada Peluang Usaha Laundry


Setelah semua peralatan dan materi dirasa cukup untuk memulai perjuangan , maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yakni memasarkan dengan gencar perjuangan ini. Di kurun modern ini kehadiran internet tentunya sangat membantu Anda dalam memasarkan usaha. 

Sebarkan pengumuman di grup ibu-ibu PKK , atau tempel di papan pengumuman RT setelah izin sebelumnya. Sebarkan pula dari verbal ke verbal sehingga lebih banyak orang tertarik.


17. Berikan Diskon Awal Perlu Dicoba Pada Peluang Usaha Laundry


Untuk menarik pelanggan , Anda dapat pula mencoba menyampaikan diskon selama beberapa bulan pertama. 

Misalnya potongan harga 10% atau 20% sehingga sedikit lebih murah dibandingkan tempat lainnya. Hal ini biasanya juga cukup efektif untuk menarik pelanggan.


18. Pelayanan Maksimal Sangat Perlu Dilakukan Pada Peluang Usaha Laundry


Hal yang akan membuat pelanggan kembali lagi dan lagi yakni pelayanan yang maksimal dari Anda dan seluruh karyawan. Maka jangan sekali-kali memasang wajah lelah atau cemberut ketika melayani pelanggan.


19. Perekrutan Karyawan Perlu Diseleksi dengan baik Pada Peluang Usaha Laundry


Jika pada awal-awal perjuangan Anda tidak begitu kerepotan , sebaiknya tidak perlu merekrut karyawan terlebih dahulu. Lakukan semuanya sekuat tenaga Anda hingga suatu ketika bila Anda mulai terlalu lelah cbarulah coba rekrut seorang karyawan yang kinerjanya baik.


20. Waktu Adalah Uang Pada Semua Peluang Usaha termasuk Peluang Usaha Laundry


Karena bekerjasama dengan sesuatu yang dipakai sehari-hari berupa pakaian , tentunya setiap pelanggan menginginkan pelayanan yang cepat. Oleh alasannya yakni itulah dalam peluang perjuangan laundry , waktu yakni uang. 

Anda dapat menimbulkan hal ini sebagai peluang untuk menaikkan harga bila pelanggan ingin pengerjaan yang lebih cepat. Misalnya secara normal harga mencuci baju sekilo yakni 6000 rupiah dan akibat dalam 3 hari. Jika ingin diselesaikan dalam satu hari saja , coba tawarkan harga lebih tinggi , misalnya 10.000 rupiah.


21. Tawarkan Jasa Setrika Pada Peluang Usaha Laundry


Tawarkan Jasa Setrika Pada Peluang Usaha Laundry


Beberapa rumah atau kos-kosan mungkin sudah cukup lengkap dengan kehadiran mesin basuh , sehingga tidak perlu lagi repot-repot mencuci. 

Namun seringkali masyaraat terlalu malas untuk menyetrika pakaian yang sudah kering. Hal ini pun dapat menjadi peluang perjuangan Anda untuk menyampaikan jasa setrika tanpa cuci.


22. Perawatan Mesin Cuci Perlu Rutin Dilakukan Pada Peluang Usaha Laundry


Mesin basuh yang digunakan hampir setiap hari dalam frekuensi tinggi juga memerlukan perawata semoga tidak mudah rusak. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain :

  • · Tidak memasukkan terlalu banyak baju 
  • · Tidak menggunakan deterjen terlalu banyak 
  • · Tidak perlu membersihkan filter
  • · Tidak meninggalkan baju di dalam mesin basuh terlalu lama 


23. Tawarkan Jasa Antar-Jemput Pakaian Perlu Dilakukan Pada Peluang Usaha Laundry


Jika Anda menginginkan cakupan pasar yang luas , cobalah untuk menyampaikan jasa jemput pakaian kotor dan antar pakaian yang sudah bersih. Dengan begitu , lokasi menjadi suatu hal yang tidak perlu dipermasalahkan.


24. Perhatikan Limbah Laundry Harus Dilakukan Pada Peluang Usaha Laundry


Karena akan menggunakan banyak sekali materi kimia yang dapat mencemari lingkungan bila dibuang dalam jumlah besar , sebaiknya Anda mencari tahu pula bagaimana untuk membuang limbah laundry yang sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintahan daerah.


25. Mulai Dari Sekarang Untuk Mengambil Peluang Usaha Laundry


Mulai Dari Sekarang Untuk Mengambil Peluang Usaha Laundry

Artikel Terkait : Ide Peluang Usaha Lainnya

Tidak ada urusan ekonomi yang akan sukses bila hanya dibayangkan. Nah , alasannya yakni sekarang Anda sudah mengetaui banyak sekali seluk beluk peluang perjuangan laundry , yuk mulai bergerak dan wujudkan urusan ekonomi harapan Anda dengan omset jutaan rupiah per bulan.


Demikianlah 25 Ide Memaksimalkan Peluang Usaha Laundry semoga membantu dan menyampaikan manfaat. Jangan lupa share link artikel ini di sosial media anda siapa tahu ada yang membutuhkan. Bagikan pendapat anda mengenai artikel ini di kolom komentar ya , terima kasih  atas share dan komentarnya :)


Referensi :

https://pixabay.com
https://en.wikipedia.org/wiki/Laundry
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_laundry_topics
https://en.wikipedia.org/wiki/Washing_machine

Share this:

Disqus Comments