Peluang Usaha Ternak Jalak Suren

Peluang Usaha Ternak Jalak Suren

Blog Bisnis Indonesia |
Ternak Jalak Suren ~ Apakah Anda pecinta burung kicau? Maka tidak ada salahnya apabila Anda mencoba peluang perjuangan . ternak jalak suren. Bayangkan saja betapa tidak menggiurkannya urusan ekonomi burung kicau ini. Sepasang anakan burung ini saja dibanderol dengan harga Rp.480.000 dan sepasang burung dewas dibanderol dengan harga Rp.600.000. Kaprikornus sayang apabila Anda sebagai pecinta burung kicau tidak memanfaatkan peluang perjuangan dengan  kesempatan tersebut.

Burung jalak suren sendiri merupakan burung yang mampu ditemukan di seluruh Indonesia dengan ukuran yang sedang sekitar 24 cm. Burung jalak suren memiliki ciri-ciri fisik dengan bulunya yang berwarna hitam dan putih. Warna hitam mendominasi bab punggung , leher dan kepala sedangkan warna putih mendominasi bab dada , perut dan dahi.

Bagian paruh dan sebagian wajahnya berwarna merah dan jingga sedangkan kakinya berwarna kuning. Dengan ciri-ciri fisik tersebutlah , burung ini memiliki daya jual yang tinggi. Selain sebagai penghias , burung ini juga mempunyai kicauan yang sumbang nmamun riang dan memiliki kegunaan sebagai penjaga rumah. Apabila ada orang yang lewat , burung ini akan berkicau dengan keras.
Peluang Usaha Ternak Jalak Suren

Cara Budidaya Jalak Suren

Seperti kita ketahui bahwa ternak jalaksuren saat ini memang menjanjikan alasannya ialah seruan pasar selalu mengalami peningkatan yang cukup siginifikan. Untuk perawatan burung jalak suren sendiri , tidak memerlukan perawatan yang tidak mahal. Berikut ialah beberapa hal yang mampu Anda siapkan dalam menjalankan perjuangan budidaya jalak suren.
1. Kandang Penangkaran
Hal pertama yang harus Anda perhatikan di dalam memulai perjuangan budidaya jalak suren adalah memperhatikan sangkar penangkaran. Idealnya , sangkar penangkaran jalak suren berukuran 1x2 meter dengan ketinggian 2m. Sedangkan untuk sarangnya , Anda mampu membuat kotak kecil berukuran 40x30 cm dengan tinggi 30 cm dengan ganjal daun pinus kering.

Jangan lupa sediakan sebuah lubang untuk jalan keluar-masuknya burung jalak suren. Untuk mempermudah perkwainan , jangan lupa memperlihatkan daerah bertengger pada sangkar tersebut. Ventilasi juga penting supaya burung mampu bernafas dengan baik dan mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari.

2. Proses Perkawinan Burung
Anda juga harus memahami kapan burung jalak suren dikawinkan. Idealnya , jalak suren siap untuk dikawinkan sekitar umur 10 bulan hingga 12 bulan. Sebenarnya jalak jantan dan jalak betina memiliki perbedaan usia ketika dikawinkan. Jalak  jantan sebaiknya dikawinkan pada umur 1 ,5 hingga 2 tahun sedangkan jalak betina sebaiknya dikawinkan pada usia 12 bulan. Seperti insan , jalak betina tumbuh lebih remaja daripada jalak jantan. Setelah dilakukan proses perkawinan , jalak betina akan bertelur dengan jumlah 3 hingga 4 butir dan akan menetas pada ahad ke-dua.

3. Pemberian Pakan
Pakan yang diberikan untuk burung jalak suren sesungguhnya cukup mudah. Anda hanya memberi pakan alami buah-buahan menyerupai papaya dan pisang atau pakan serangga menyerupai kroto , jangkrik , ulat hongkok.. Selain pakan alami , tentunya Anda juga mampu memperlihatkan voor dengan kualitas yang baik. Sediakan pula daerah makan dan minum yang higinis dan selalu dibersihkan setiap hari biar mereka selalu sehat. Pemberian vaksin burung juga sangat mengagumkan biar mereka terhindar dari serangan banyak sekali penyakit.

Baca juga : Usaha Rumahan Ternak AYam Kampung Super Cepat Panen

Analisa Usaha Ternak Jalak Suren

Berikut ini ialah analisa modal dan keuntungan dalam mencoba peluang perjuangan ternak jalak suren. Kita eksklusif ambil 10 pasang indukan jalak suren untuk memulai perjuangan ternak tersebut. Maka perhitungannya ialah sebagai berikut
Indukan 10 pasang jalak suren 20 ekor x Rp.600.000 = Rp. 12.000.000
Kebutuhan pakan jalak suren selama satu bulan dari perkawina , bertelur hingga jalak berusia dua  ahad sebesar Rp.500.000
Vaksinasi burung daan obat-obatan dalam satu bulan sebesar Rp.150.000.
Biaya lain-lain = Rp.50.000
Kaprikornus modal yang diharapkan ialah Rp.12.000.000+Rp.500.000+Rp.150.000+Rp.50.000 = Rp.12.700.000
Kita asumsikan bahwa dari 10 pasang tadi akan menghasilkan 4 buah telur , maka telur yang dihasilkan semuanya ialah 40 butir telur. Apabila satu ekor jalak suren berusia dua ahad dihargai Rp.480.000 , maka 40 ekor jalak suren berusia dua ahad akan dihargai Rp.19.200.000.
Maka keuntungan yang Anda peroleh ialah Rp.19.200.000.000-Rp.12.700.000 = Rp.6.500.000
Bagaimana , menguntungkan bukan? Demikian ulasan menarik perihal peluang perjuangan budidaya burung jalan suren yang mampu Anda coba sebagai peluang penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat

Share this:

Disqus Comments