Peluang Bisnis Budidaya Bebek Pedaging

Peluang Bisnis Budidaya Bebek Pedaging

Blog Bisnis Indonesia |
Budidaya Bebek Pedaging ~ Apabila Anda memiliki lahan yang cukup luas di bersahabat rumah Anda , maka Anda mampu memanfaatkan sebuah perjuangan ternak binatang. Salah satu perjuangan ternak binatang yang mampu Anda coba ialah perjuangan ternak belibis pedaging. Kenapa Anda harus mencoba perjuangan tersebut? Seperti kita tahu ada banyak perjuangan masakan menyerupai restoran dan warung makan yang menggunakan belibis pedaging sebagai materi utama hidangan mereka.

Karena banyak hidangan Indonesia yang memerlukan materi utama belibis pedaging , maka tidak mengherankan undangan terhadap belibis pedaging sangatlah besar. Saking banyaknya undangan , terkadang pebisnis masakan tersebut hingga kebingungan untuk mencari pemasok utama mereka. Apabila Anda ialah seorang yang jeli dalam menjajal kesempatan berbisnik budidaya belibis pedaging , maka Anda harus segera membuka perjuangan tersebut. Namun apabila Anda masih pemula , Anda mampu menyimak beberapa ulasan berikut ini: 

Peluang Bisnis Budidaya Bebek Pedaging

Cara Budidaya Ternak Bebek Pedaging

Seperti kita ketahui bahwa ternak belibis pedaging memiliki prospek yang sangat menguntungkan , maka dalam hal ini Anda harus benar-benar serius dalam menjalankan urusan ekonomi tersebut. Memang diharapkan sebuah kesabaran dalam membudidayakan belibis pedaging sebab belibis sendiri merupakan binatang yang memerlukan perwatan khusus. Berikut ialah beberapa hal yang mampu Anda siapkan dalam menjalankan perjuangan budidaya belibis pedaging.

1. Pemilihan Bibit Bebek Pedaging yang Unggul
Dalam memulai perjuangan ternak bebekpedaging , Anda harus memperhatikan bibit belibis pedaging yang akan Anda budidayakan. Pemilihan bibit sangat menyangkut kualitas belibis yang akan Anda panen nantinya. Pilihlah bibit belibis pedaging yang memang memiliki kualitas bagus. Untuk hal ini , Anda mampu memilih jenis belibis peking. Bebek peking sangat terkenal dengan tekstur dagingnya yang tebal dan empuk.

Selain itu pemilihan belibis peking sangatlah sempurna sebab belibis peking termasuk salah satu jenis belibis yang memiliki masa pertumbuhan yang sangat cepat. Bebek peking hanya perlu membutuhkan waktu satu setengah hingga dua bulan untuk memperoleh berat 2 hingga 3 kilogram. Dan dalam waktu 3 bulan , belibis peking juga mampu mencapai berat 4 hingga 5 kilogram. Selain cepat panen , belibis peking juga termasuk belibis yang tahan terhadap penyakit dan tidak kanibal.

2. Perawatan Bebek Pedaging
Untuk perawatan belibis pedaging , sebaiknya Anda menunjukkan jenis pakan serta pertolongan vaksinasi yang rutin diberikan. Untuk jenis pakan yang baik , Anda mampu menunjukkan materi pakan yang mengandung nilai gizi tinggi menyerupai campuran antara bekatul atau dedak , tepung ikan , tepung jagung , bekicot , dan campuran daun-daunan menyerupai potongn daunt bantalan , daun genjer , daun papaya dan lain-lainnya tiga kali sehari ,

Sedangkan untuk pertolongan vaksin , berikanlah bebek-bebek pedaging Anda setiap 2 kali dalam seminggu supaya bebek-bebek pedaging Anda terhindar dari banyak sekali jenis serangan penyakit menyerupai influenza , basil , atau serangan virus.

3. Pembuatan Kandang
Untuk pembuatan sangkar belibis pedaging , gunakanlah model sangkar panggung yang dikelilingi jaring yang agak tinggi supaya bebek-bebek pedaging Anda tidak lepas dan lari. Usahakan posisi sangkar selalu menghadap ke arah timur supaya asupan vitamin D belibis Anda selalu terpenuhi. Jangan lupa selalu membersihkan sangkar Anda supaya kualitas belibis Anda benar-benar terjaga selalu.

Baca juga :
Peluang Usaha Rumahan Budidaya Lele Di Kolam Terpal

Analisa Usaha Ternak Bebek Pedaging

Berikut ini ialah analisa modal dan keuntungan dalam mencoba peluang perjuangan ternak belibis pedaging. Kita asumsikan untuk membudidayakan 500 ekor belibis pedaging yang mana harga anakannya ialah Rp.8.500. Maka perhitungannya ialah sebagai berikut:
Anakan belibis pedaging jenis peking 500xRp.8.500 = Rp. 4.250.000
Kebutuhan pakan untuk belibis peking selama 1 kali panen sebesar Rp.5.500.000
Kebutuhan obat-obatan dan vaksinasi    = Rp.2.000.000
Biaya lain-lain = Rp.200.000
Makara modal yang dibutuhkan ialah Rp.4.250.000+Rp.5.500.000+Rp.2.000.000+Rp.200.000 = Rp.11.950.000
Kita asumsikan bahwa dari 500 ekor belibis pedaging , ada 450 ekor belibis pedaging yang hidup. Apabila satu kilo daging belibis ialah Rp..42.000 , dan berat rata-rata belibis ialah 3 kg maka Anda akan menerima omset sebesar 450x3xRp.42.000 = Rp. 56.700.000.
Maka keuntungan yang Anda peroleh ialah Rp.56.700.000-Rp.11.950.000 = Rp.44.750.000 dalam satu kali panen.

Bagaimana , menguntungkan sekali bukan? Demikian ulasan menarik wacana peluang perjuangan budidaya belibis pedaging. Semoga bermanfaat!

Share this:

Disqus Comments