20 Fakta Luar Biasa Peluang Usaha Hidroponik

20 Fakta Luar Biasa Peluang Usaha Hidroponik

Blog Bisnis Indonesia | 20 Fakta Luar Biasa Ide Bisnis Peluang Usaha Hidroponik - Hidroponik merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan tanaman dengan menggunakan media utama berupa air. Akhir-akhir ini hidroponik menjadi terkenal karena kemudahannya dan aneka macam keuntungan yang mampu didapatkan oleh para peminatnya.

Ingin tahu apa saja fakta-fakta menarik mengenai hidroponik? Mari kita simak ulasan berikut.



1.  Ide Bisnis Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Mulai Dikembangkan Ratusan Tahun Lalu

Peluang Usaha Hidroponik Mulai Dikembangkan Ratusan Tahun Lalu


Tidak disangka-sangka , ternyata bercocok tanam menggunakan metode hidroponik telah dikembangkan semanjak tahun 1800-an.

Metode bertanam tanpa sama sekali menggunakan tanah ini semakin lama semakin dikembangkan sampai hasilnya mulai banyak digunakan kembali akhir-akhir ini.

2.  Ide Bisnis Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Tidak Memerlukan Lahan yang Luas


Peluang Usaha Hidroponik Tidak Memerlukan Lahan yang Luas

Artikel Terkait : Ide Peluang Usaha Lainnya

Memilih untuk berkecimpung di bidang perjuangan tanaman hidroponik tidak mengharuskan Anda memiliki tanah yang luas ibarat halnya sawah atau kebun. Bahkan Anda dapat memulainya dari pekarangan rumah sendiri.

Walaupun dimulai dari pekarangan yang sempit , tanaman hidroponik juga biasanya dapat diatur dengan pipa yang bertumpuk-tumpuk sehingga hasilnya tetap banyak dan berpotensi untuk dikomersialkan.

3.  Ide Bisnis Peluang Usaha Pertanian Hidroponik Mudah Bagi Pemula


Peluang Usaha Hidroponik Mudah Bagi Pemula


Anda bukan termasuk orang yang bertangan hambar dalam menanam suatu tumbuhan? Tidak perlu khawatir , karena menanam dengan cara hidroponik ini sangat mudah dan siapapun mampu melakukannya.

Modalnya Anda hanya membutuhkan kemauan yang keras serta kegigihan dalam merawat tanaman mulai dari bibitnya.

4. Kelebihan  Ide Bisnis Peluang Usaha Pertanian Hidroponik yaitu Wadah Tanaman Yang Murah


Kelebihan Peluang Usaha Hidroponik yaitu Wadah Tanaman Yang Murah


Jika melihat para profesional yang sudah berkecimpung di bidang hidroponik , Anda akan menemukan aneka macam pipa putih yang digunakan sebagai daerah menanam tumbuhan. Namun jikalau Anda cukup keberatan membuat rangkaian pipa ini , materi lain pun mampu membantu.

Tak ada rotan akar pun jadi. Kumpulkan aneka macam macam barang yang dapat menjadi daerah penampung media ibarat baskom bekas , gelas plastik , atau apapun yang intinya dapat menampung media.

5.  Ide Bisnis Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Menggunakan Media yang Mudah Didapatkan


Peluang Usaha Hidroponik Menggunakan Media yang Mudah Didapatkan


Selain air , beberapa materi yang mungkin Anda perlukan untuk bercocok tanam secara hidroponik antara lain arang sekam , spons , rockwoll , cocopeat , perlite , vermicutile , pasir , batu , serbuk kayu , atau hidrogel. 

Walaupun tidak keseluruhan media ini harus digunakan dan tergantung jenis tanaman apa yang ingin Anda kembangkan , namun rata-rata semua media tersebut mudah didapatkan juga tidak mahal harganya.

6. Peluang Usaha Sayuran Hidroponik Modal Kecil , Keuntungan Besar Membuat Takjub


Karena modalnya hanya bibit , media , serta kemauan yang keras , urusan ekonomi hidroponik dapat menghasilkan keuntungan berkali lipat. Misalnya saja tanaman selada air. Penanaman dari mulai bibit per kilogramnya membutuhkan biaya sekitar 20.000 rupiah.

Namun setelah tanaman siap panen , harga jualnya ke pasaran dapat mencapai 35.000 rupiah per kilogramnya , yaitu hampir dua kali lipatnya. Bayangkan jikalau Anda berhasil mengembangkannya menjadi ratusan kilogram tumbuhan selada.

7. Kelebihan Peluang Usaha Pertanian  Hidroponik Variasi Tanaman Sangat Beragam


Pernah melihat kebun hidroponik yang dipenuhi dengan daun hijau? Ternyata bukan hanya sayur-sayuran berdaun hijau saja yang mampu dibudidayakan dengan menggunakan teknik hidroponik , lho. 

Tanaman ibarat paprika , tomat , cabai , mentimun , melon , selada , dan juga timun jepang dapat secara subur tumbuh menggunakan teknik hidroponik.

8. Kelebihan Peluang Usaha Pertanian  Hidroponik , Nutrisi Tanaman Tersedia Dari Tambahan Larutan


Karena tidak menggunakan media tanah yang merupakan sumber aneka macam nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan , penanaman menggunakan media hidroponik akan membutuhkan beberapa macam larutan nutrisi yang harus ditambahkan pada media tanam. 

Untuk membuat larutan nutrisi sendiri , Anda dapat mencampurkan pupuk urea , KCL , NPK , dan pupuk daun gandasil cair.

9. Tanaman Tetap Hidup Walau Tanpa Pestisida yaitu Kelebihan Lain Peluang Usaha Pertanian  Hidroponik 


Cara penanaman hidroponik memang lebih alami karena tidak perlu penggunaan pestisida yang berlebihan ibarat halnya pada tumbuhan media tanah yang sangat rawan dimakan oleh serangga.

Dampaknya sangat baik untuk lingkungan karena tidak ada lagi limbah pestisida yang ikut serta dalam susukan air dan hasilnya mencemari lingkungan.

10. Dalam Peluang Usaha Pertanian  Hidroponik Modal Paling Penting Adalah Ketekunan


Dengan biaya pengeluaran untuk modal yang tidak terlalu besar , modal lainnya yang lebih penting yaitu ketekunan dan terus ingin belajar. 

Anda harus banyak-banyak membaca mengenai tips dan trik untuk membuatkan urusan ekonomi hidroponik sehingga berhasil dalam penanamannya juga menerima margin keuntungan yang besar.

11. NTF , Peluang Usaha Hidroponik Paling Sederhana


NTF atau singkatannya yaitu Nutrient Film Technicque yaitu salah satu cara penanaman hidroponik yang paling sederhana. 

Medianya hanya berupa pipa-pipa yang dilubangi sebagai daerah tanaman tumbuh yang didalamnya berisikan air dan nutrisi hara yang dibutuhkan tanaman. Tanaman bayam hidroponik banyak menggunakan metode ini.

12. Wick System , Modifikasi Peluang Usaha Hidroponik NTF


Pada metode kedua ini , media masih berupa pipa namun terlebih dahulu pipa dibelah secara melintang sehingga berbentuk ibarat wadah yang panjang dan terbuka. 

Di dalam selokan pipa ini kemudian diisikan air dan unsur hara serta sedikit sekam yang akan menjadi daerah tumbuh bagi tanaman hidroponik. Metode ini juga cocok untuk sayuran.

13. Peluang Usaha Budidaya  Hidroponik dengan Tetes Air


Cara yang satu ini sedikit berbeda dengan 2 metode sebelumnya. Tumbuhan ditanamkan pada media sekam padi yang telah dibakar. 

Kemudian terdapat peralatan yang dapat meneteskan air secara terpola ke dapam media tanam sehingga tumbuhan dapat berkembang dengan baik.

14. Pada Peluang Usaha Budidaya  Hidroponik Beberapa Jenis Tanaman Dapat Tumbuh Lebih Cepat


Karena perlindungan jumlah nutrisi yang sempurna dan teratur , beberapa jenis tanaman dapat tumbuh dua kali lebih cepat dibandingkan jikalau ditanam di media tanah. 

Hal ini juga disebabkan karena kebutuhan air dan oksigen yang selalu terpenuhi dengan teknik hidroponik. Semakin cepat tanaman tumbuh , tentunya Anda akan lebih cepat menerima keuntungan dari peluang perjuangan hidroponik ini.

15. Keuntungan Peluang Usaha Sayuran Hidroponik yaitu Hemat Air


Penanaman dengan media tanah secara tradisional sangat bergantung pada jumlah air. Namun tidak begitu halnya dengan hidroponik yang memang memiliki media utama berupa air. 

Petani yang sudah mencoba menanam tumbuhan dengan teknik hidroponik menyatakan bahwa teknik hidroponik dapat menghemat sekitar 90% air yang dibutuhkan untuk menumbuhkan tanaman.

16. Cabai yaitu  Ide Bisnis Peluang Usaha Sayuran Hidroponik  Paling Populer


Cabai yaitu Peluang Usaha Hidroponik  Paling Populer


Apalagi dengan harga cabai yang ketika ini sudah melangit , banyak orang memulai urusan ekonomi hidroponik dengan pilihan tanaman berupa cabai. 

Tanaman cabai tidak terlalu kotor , tidak memerlukan pestisida , sangat higienis serta tidak mudah diserang hama ibarat ulat yang banyak pada tumbuhan berdaun hijau.

17. Peluang Usaha Sayuran Hidroponik Kangkung Tak Kalah Menarik


Peluang Usaha Hidroponik Kangkung Tak Kalah Menarik


Kangkung sebagai salah satu jenis sayuran yang selalu tersedia di tiap animo merupakan potensi tanaman hidroponik yang juga cukup menggiurkan. 

Seorang petani kangkung hidroponik berjulukan Charlie dapat meraup omset sampai 90 juta per bulan dari perjuangan hidroponiknya yang kini sudah berkembang sangat pesat.

18.  Ide Bisnis Peluang Usaha Sayuran Hidroponik  Paprika , Warna-Warni Menguntungkan


Peluang Usaha Hidroponik  Paprika , Warna-Warni Menguntungkan


Untuk mengejar keuntungan yang tinggi , ada baiknya juga menanam tanaman paprika sebagai pilihan hidroponik Anda. 

Paprika menjadi salah satu komoditas yang termasuk sulit dikembangkan , namun jikalau berhasil , nilai ekonominya yang sangat tinggi akan membuat Anda menjadi jutawan dalam sekejap.

19.  Ide Bisnis Peluang Usaha Budidaya Sayuran Tomat Cherry Hidroponik Juga Idola 


Peluang Usaha Hidroponik Tomat Juga Idola


Penanaman yang gampang serta dibutuhkannya tomat dalam hampir setiap kuliner dan sambal di Indonesia membuatnya menjadi tanaman hidroponik yang banyak diminati. Bibit tomat juga mudah didapat sehingga Anda tidak perlu mencarinya jauh-jauh.

20. Keuntungan Lain Peluang Usaha Budidaya  Hidroponik yaitu Pemandangan yang Segar dan Indah


Keuntungan Lain Peluang Usaha Hidroponik yaitu Pemandangan yang Segar dan Indah


Selain keuntungan secara komersial , keuntungan lain yang dapat Anda peroleh dengan menanam menggunakan teknik hidroponik yaitu pemandangan sekitar yang lebih segar dan hijau karena adanya tumbuhan yang terus-menerus memproduksi oksigen. 

Selain sebagai urusan ekonomi , tumpukan tanaman hidroponik sebenarnya juga dapat menjadi pojok tanaman hias yang membuat Anda terus bersemangat menjalankan perjuangan hidroponik.


Demikian 20 Fakta Luar Biasa Peluang Usaha Hidroponik , bagaimana? Apakah anda tertarik untuk segera mengambil peluang urusan ekonomi perjuangan hidroponik ini? Bagikan pendapat anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini di sosial media anda ya!



Referensi :

Share this:

Disqus Comments