25 Peluang Usaha Kuliner Laris Tahun 2017

25 Peluang Usaha Kuliner Laris Tahun 2017

Blog Bisnis Indonesia | Mau perjuangan masakan tapi galau mau perjuangan apa? Ini dia 25 Peluang Usaha Kuliner Makanan yang Diperkirakan Laris Tahun 2017 dengan modal yang kecil dan potensi hasil besar.

Dunia masakan memang tidak ada matinya. Setiap orang membutuhkan makanan , apalagi sebagai orang Indonesia tentunya tidak lepas dari kebiasaan jajan yang sangat sering sehingga memulai urusan ekonomi masakan ialah salah satu cara menerima rezeki paling mudah di negeri ini.

Konsumen perjuangan masakan pun sangat beragam dari mulai bawah umur hingga orang dewasa. Rasanya ada yang kurang jikalau dalam satu hari belum menemui jajanan favorit yang dapat dijadikan cemilan ketika bekerja , menonton TV , atau bahkan berdiskusi dengan teman.

Usaha masakan juga tidak memerlukan biaya yang tinggi , sehingga sangat ramah bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Bisnis masakan juga berkembang dengan cepat , sehingga terus-menerus muncul inovasi gres setiap harinya.

Sedang mencari ilham untuk memulai urusan ekonomi masakan Anda sendiri? Mari simak 20 Peluang Usaha Kuliner Diperkirakan Laris Tahun 2017.

1. Tahu Bulat Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Ringan Unik


Peluang Usaha Kuliner Makanan Tahu Bulat


Jajanan yang satu ini sudah ada dari sekitar tahun 2011 , namun akhir-akhir ini semakin menjamur dengan ditemukannya sebuah inovasi menjual tahu bundar secara dadakan , yaitu dengan cara digoreng pribadi sesaat sebelum dibeli. Memang tahu bundar tidak lagi berbentuk bundar jikalau didiamkan dalam waktu lama , rasanya pun kurang nikmat jikalau tidak hangat.

Untuk membuka perjuangan tahu bundar , Anda hanya memerlukan modal untuk menyewa kendaraan beroda empat kolam , kompor dan peralatan untuk menggoreng tahu. Bahkan dijual dengan harga 500 rupiah per satu buah tahu , alasannya ialah banyaknya peminat masakan yang satu ini , seorang pengusaha tahu bundar di Bogor bisa menghasilkan omset hingga 500.000 rupiah per harinya.

2. Makanan Jepang Takoyaki Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Ringan Unik


Peluang Usaha Kuliner Makanan Jepang Takoyaki


Makanan dari negeri sakura yang satu ini juga sedang banyak dikembangkan sebagai jajanan yang murah dan memiliki banyak peminat.

Walaupun takoyaki yang asli menggunakan octopus atau gurita di dalamnya , namun ada pula yang sudah mengembangkannya dengan mengganti isian tersebut menjadi sosis atau keju yang lebih ekonomis.

Untuk memulai franchise takoyaki , dengan biaya sekitar 3 juta rupiah Anda sudah bisa berjualan lengkap dengan seluruh peralatan dan bahannya.


3. Cilok Contoh Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Anak Sekolah


Peluang Usaha Kuliner Makanan Cilok


Cilok merupakan abreviasi dari ‘aci dicolok’. Memang jajanan yang berbentuk bulat-bulat kecil ini sangat enak disajikan dengan saus kacang dan sambal atau kecap.

Biaya bahan-bahannya pun cukup murah alasannya ialah memang hanya dari tepung singkong atau yang lebih dikenal dengan aci , yang hanya sekitar 8000-10000 rupiah per kilogramnya.


4. Pempek Contoh Peluang Usaha Kuliner Makanan Tradisional Khas Daerah Palembang


Peluang Usaha Kuliner Makanan Pempek

Artikel Terkait : Ide Peluang Usaha Lainnya 

Pempek juga menjadi salah satu makanan yang tidak akan ada habisnya disantap oleh orang-orang Indonesia. Dimakan bersama cuka yang asam namun menyegarkan , semua orang rata-rata tidak menolak untuk diajak makan pempek.

Bisnis perjuangan pempek kini juga bisa dilakukan secara kecil-kecilan dengan membuat sendiri pempek dari rumah.


5. Cireng Peluang Usaha Kuliner Makanan Kecil yang Baru dan Unik


Peluang Usaha Kuliner Makanan Cireng


Cireng atau aci digoreng dengan banyak sekali macam isinya dari mulai ayam , keju , hingga sosis juga menjadi makanan yang sangat ramah dengan pengecap orang Indonesia. Seperti halnya cilok , urusan ekonomi cireng juga tidak akan memakan modal cukup banyak untuk materi bakunya.

Selain itu , pembuatannya pun sangat mudah dan siapapun pasti bisa membuat cireng. Apalagi dengan adanya cireng instan yang dijual per kantungnya sekitar 12.000-15.000 rupiah , urusan ekonomi cireng diperkirakan masih akan berkembang di tahun 2017.


6. Martabak Mini Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Anak Sekolah Inovasi Baru dan Unik


Peluang Usaha Kuliner Makanan Martabak Mini


Jika martabak biasa dirasa terlalu banyak memakan modal untuk mulai perjuangan , maka martabak mini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menjajal urusan ekonomi perjuangan kuliner. Martabak mini tentunya memerlukan tempat yang lebih sedikit untuk dimasak.

Selain itu , alasannya ialah lebih murah harganya , biasanya orang akan lebih tertarik untuk membelinya , apalagi dengan banyak sekali macam rasa dari mulai keju , cokelat , kacang , dan selai yang bisa lebih variatif dalam ukuran kecil.


7.  Seblak Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Tradisional Khas Daerah Bandung dengan Modal Kecil


Peluang Usaha Kuliner Makanan Seblak


Seblak yang berasal dari tanah Parahyangan ini tolong-menolong merupakan kerupuk oranye yang direndam di dalam air hangat sehingga menjadi lunak , kemudian dimasak bersama campuran bumbu dan bahan-bahan lainnya sehingga menjadi santapan yang paling juara.

Seblak gerobak di Bandung bisa mencapai omset hingga 800.000 rupiah per satu pekan , jadi rata-rata per harinya dapat mencapai seratus ribu rupiah lebih. Seblak juga masih banyak dikembangkan menggunakan banyak sekali macam campuran menyerupai makaroni , telur , kerupuk kulit , dan sebagainya.


8. Pisang Cokelat (Piscok) Peluang Usaha Kuliner Makanan Rumahan dengan Modal Kecil


Peluang Usaha Kuliner Makanan Pisang Cokelat (Piscok)


Makanan ringan embel-embel pengecap yang satu ini juga sudah menjamur dan diperkirakan masih akan laris hingga tahun 2017.

Biasanya pisang cokelat ini dijual satuan dengan harga 2000 rupiah saja , namun dengan tingginya peminat , dalam satu hari bisa terjual 100-200 buah pisang cokelat , sehingga omset yang didapatkan per hari dapat mencapai 400.000 rupiah.


9. Makanan Khas Cina Bakpau Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Ringan yang Menjanjikan


Peluang Usaha Kuliner Makanan Cina Bakpau


Bakpau juga tidak pernah sepi dari peminat , apalagi di malam hari yang hambar , setangkup bakpau yang hangat tentunya bisa memanjakan lidah.

Jika menekuni urusan ekonomi perjuangan bakpau hingga menerima banyak pelanggan , omset yang Anda dapatkan bisa ratusan juta menyerupai seorang pengusaha bakpau di Pontianak berjulukan Subekti. Mulai dari tahun 2001 , bisnisnya berkembang hingga kini memiliki 24 karyawan dengan omset per bulan mencapai ratusan juta.


10. Tahu Pedas Peluang Usaha Kuliner Makanan Ringan Gorengan ala Rumahan yang Menjanjikan


Peluang Usaha Kuliner Makanan Tahu Pedas


Tahu pedas berisi banyak sekali macam sayuran dan cabai. Ada pepatah mengatakan bahwa Anda belum bisa disebut sebagai orang Indonesia jikalau tidak suka memakan sambal atau yang pedas-pedas.

Memang urusan ekonomi tahu pedas juga menarik banyak konsumen , di tempat yang ramai omset dapat mencapai satu juta per harinya.


11. Bakso Bakar Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Murah Meriah Cocok di Musim Hujan


Peluang Usaha Kuliner Makanan Bakso Bakar


Bakso bakar ialah jajanan terkenal yang berasal dari kota Malang , namun kini beberapa kawasan lain juga sudah mulai ramai orang berjualan bakso bakar. Bakso halus dengan bumbu kecap dan pedas ini memang dapat menarik siapapun untuk membelinya.

Untuk berjualan di gerobak , modal yang diharapkan pun tidak terlalu banyak , dengan 2 juta rupiah saja Anda sudah bisa mulai berjualan makanan yang omsetnya bisa mencapai 500.000 rupiah per hari.


12. Lumpia Basah Peluang Usaha Kuliner Makanan Murah Meriah


Peluang Usaha Kuliner Makanan Lumpia Basah


Di kota Bandung , lumpia berair banyak dijual menyatu dengan gerobak seblak. Lumpia berair yang merupakan campuran antara tauge dan telur ini juga menarik banyak konsumen untuk membeli dengan harga hanya sekitar 7.000-9.000 rupiah saja.

Walaupun belum seterkenal seblak , namun lumpia berair diperkirakan akan mulai banyak dijual menyusul seblak di tahun 2017.


13. Cilor Peluang Usaha Kuliner Makanan Kecil Gorengan


Peluang Usaha Kuliner Makanan Cilor


Kalau Anda pecinta cilok dan cireng , tentu tidak ingin ketinggalan menjajal cilor , yaitu aci yang dibentuk bulat-bulat kecil , ditusuk dengan bacokan sate , dilapisi telur kemudian digoreng.

Sangat enak disantap menggunakan saus. Bisnis cilor juga cukup menguntungkan , seorang pedagang gerobak cilor di Bandung mengaku dapat meraup omset 400.000 rupiah per hari setelah berjualan selama setengah tahun saja.


14. Cemilan Tahu Crispy Peluang Usaha Kuliner Makanan Snack Cepat Saji Cocok di Musim Hujan


Peluang Usaha Kuliner Makanan Tahu Crispy


Belum banyak yang memulai urusan ekonomi ini , namun sepertinya tahu crispy juga akan melejit di tahun 2017.

Tahu crispy digoreng menggunakan minyak yang sangat panas dan banyak , sehingga terasa renyahnya. Bisnis ini juga memiliki omset yang cukup tinggi hingga mencapai jutaan rupiah per bulannya.


15. Roti Bakar Peluang Usaha Kuliner Makanan Snack Cepat Saji Prospek Menguntungkan


Peluang Usaha Kuliner Makanan Roti Bakar


Roti bakar memang tidak ada habisnya , apalagi kini mulai bermunculan bubuk-bubuk menyerupai abu taro , greentea , red velvet yang banyak dipakai oleh pedagang roti bakar modern.

Dengan modal di bawah 5.000.000 rupiah , keuntungan yang Anda dapatkan bisa berkali lipat dengan masih banyaknya orang yang menyukai roti bakar sebagai cemilan di siang hari maupun malam hari.


16. Keripik Pedas Kering Dalam Kemasan Mini atau Kiloan Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Siap Saji Modal Kecil Untung Besar


Peluang Usaha Kuliner Makanan Keripik Pedas


Keripik pedas yang dijual per bungkus dengan harga 15.000-20.000 rupiah ini juga cukup menguntungkan bagi para pengusaha kecil dan menengah. Apalagi yang pedas-pedas memang selalu menjadi tren di Indonesia.


17. Cemilan Singkong Keju Peluang Usaha Kuliner Makanan Tradisional yang Sehat


Peluang Usaha Kuliner Makanan Singkong Keju


Singkong yang terlebih dahulu dikukus kemudian digoreng hingga dagingnya terasa empuk pun masih menjadi urusan ekonomi masakan idola yang tidak pernah sepi pembeli. Apalagi dengan ditambah keju , siapapun pasti tidak dapat menolak rasa lezatnya.

Singkong pun masih sangat murah harganya di negeri ini , sehingga margin keuntungan dengan membuka perjuangan singkong keju pun cukup besar


18. Keripik Singkong Kering Dalam Kemasan Mini atau Kiloan Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Siap Saji Modal Kecil Untung Besar


Peluang Usaha Kuliner Makanan Keripik Singkong


Keripik singkong kini mulai merambah dunia pedagang gerobak yang menjualnya secara kiloan. Setengah kilo keripik singkong dapat dijual sekitar 15.000-20.000 rupiah. Omset yang didapat para pedagang keripik singkong pun cukup besar , apalagi keripik ini cukup infinit dalam waktu yang lama.


19. Camilan Crepes Peluang Usaha Dagang Kuliner Makanan Modern Prospek Menguntungkan


Peluang Usaha Kuliner Makanan Crepes


Berbagai macam crepes dengan isiannya juga diperkirakan masih akan laris hingga tahun 2017. Jajanan yang banyak dijual di depan sekolah bawah umur ini juga tidak memerlukan modal yang begitu besar dengan akad omset yang cukup menguntungkan.


20. Camilan Kue Cubit Greentea dan Nutella Peluang Usaha Dagang Kuliner Makanan Tradisional yang Sehat


Peluang Usaha Kuliner Makanan Kue Cubit Greentea


Jika kudapan manis cubit sudah terlalu mainstream , mungkin Anda perlu mencoba perjuangan kudapan manis cubit greentea yang belum banyak penjualnya. Apalagi jikalau ditambahkan dengan toping nutella , kudapan manis cubit modern ini banyak sekali menarik minat pembeli walaupun dijual agak mahal , sekitar 4-5 kali harga kudapan manis cubit biasa.

Namun masih jarang sekali pedagang yang berani menambahkan greentea dan nutella ke dalam kudapan manis cubit , alasannya ialah memang akan memakan modal cukup besar. Namun , sekali Anda mencoba berbisnis kudapan manis cubit greentea , ucapkan selamat datang kepada omset jutaan rupiah per hari.


21. Frozen Food Peluang Usaha Kuliner Makanan Olahan Beku Dalam Kemasan Prospek dijual Online maupun dibuat Kerjasama Kemitraan Franchise alias Waralaba juga membuka peluang perjuangan lain yaitu Agen , Reseller , dan Distributor Grosir


peluang perjuangan frozen food makanan beku


Kelebihan dari frozen food ialah alasannya ialah berbentuk beku sehingga lebih infinit untuk didistribusikan ke luar kota alasannya ialah itu frozen food sangat cocok merambah urusan ekonomi online dan franchise alias waralaba alasannya ialah kepraktisannya. 

Mau perjuangan frozen food apa? Tentunya sangat banyak makanan olahan yang prospek menjadi perjuangan frozen food semisal udang , aneka nugget , bakso ikan , bakso sapi , singkong keju , sosis tuna , scallop , otak-otak , siomay , dumplings , french fries , dll. 

Lalu bagaimana dengan prospek dan keuntungannya? Sebagai gambaran keuntungan urusan ekonomi frozen food bisa berkaca dari dongeng sukses pak Yudhi Dwinanto yang dulunya seorang PNS kemudian terjun ke urusan ekonomi Frozen Food dengan modal awal 150 ribu rupiah dan berhasil sukses dengan omzet mencapai 30-60 juta per bulan. 

Bahkan omset pak Yudhi pernah mencapai 100 juta per bulan. Suatu angka yang tidak bisa dianggap remeh bukan? Anda juga pasti bisa , ayo tangkap peluangnya sekarang!


22. Aneka Franchise Waralaba Peluang Usaha Kuliner Makanan juga membuka peluang perjuangan lain yaitu Agen , Reseller , dan Distributor Grosir


Peluang Usaha Franchise Mr Burger


Ketika menyebut kata franchise atau waralaba apa yang ada di pikiran anda? Biasanya yang terlintas di kepala ialah merk franchise-franchise yang terkenal dan sudah mempunyai nama besar dari yang skala besar menyerupai Mc Donalds , KFC , hingga yang skala menengah kebawah semisal Kebab Baba Raffi , Mister Burger , Teh Tongdji , Teh Gopek , Sour Sally , Baskin Robbins , dll.

Berapa modal dan bagaimana dengan keuntungannya? Tentunya bermacam-macam modal dan keuntungannya jikalau melihat macam franchisenya. Untuk franchise range modal paling kecil berkisar dari 2 juta rupiah. 

Semisal kita ambil pola Mr Burger , harga Franchise termurahnya yaitu Mini Counter sekitar 3 juta rupiah , tergantung dengan penjualan dan pemilihan lokasi yang sempurna , omset per bulan yang didapat bisa mencapai 2 kalinya yaitu 6 juta rupiah. 

Jika lokasi cocok dan penjualannya laris , dalam 1 bulan bahkan kurang bisa balik modal bahkan untung. Tinggal di kalikan saja dengan berapa jumlah counter franchise yang dimiliki. Siap-siap banyak untung ya!



23. Aneka Jajanan Takjil Berbuka Peluang Usaha Kuliner Makanan pada Bulan Puasa Ramadhan


Peluang Usaha Takjil Makanan Buka Puasa


Pada bulan ampunan lumrah kita melihat banyak penjual kaki lima yang menjajakan makanan takjil untuk berbuka puasa di pinggir jalan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. 

Makanan takjil berbuka yang biasa dijual antara lain banyak sekali macam kolak , menyerupai kolak pisang , kolak biji salak , dll. Kemudian juga ada banyak sekali macam es menyerupai es buah , es pisang hijau palu butung , es degan , es blewah , dll. Ada juga banyak sekali macam gorengan menyerupai tahu isi , sosis , bakwan , tempe mendoan , martabak telur , dll. Juga ada makanan berat menyerupai nasi uduk , nasi bungkus , aneka lauk sayur , ikan , dan daging.

Modal untuk berjualan makanan takjil tidaklah besar cukup hanya dengan modal ratusan ribu rupiah saja bahkan bisa kurang , bisa menjual banyak macam makanan takjil untuk berbuka puasa di bulan ramadhan. 

Namun jangan remehkan keuntungannya , pada bulan ampunan berjualan makanan takjil dapat menghasilkan omset ratusan ribu hingga jutaan rupiah lho! Bisa balik modal berkali-kali lipat nih!



24. Bubur Makanan Bayi sebagai Peluang Usaha Kuliner Makanan yang masih jarang dan prospek untung besar


Peluang Usaha Bubur Makanan Bayi Organik


Bubur bayi organik aneka rasa dengan kandungan gizi yang seimbang ialah peluang perjuangan yang masih prospek untung besar. Dikarenakan makanan bayi instan tetaplah tidak sebagus makanan bayi yang fresh dan bagaimanapun seorang Ibu pasti ingin menawarkan yang terbaik untuk anak mereka termasuk dalam hal makanan.

Modal yang diharapkan tidaklah besar mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Tetapi omset dan profitnya bisa puluhan juta lhoh! 

Contoh peluang perjuangan bubur bayi yang sukses ialah milik Afif Syaifullah dengan merk Omega Healthy Baby Food yang diawal bermodalkan 3 juta , nyatanya laris dan berhasil menerima omset 40 juta per bulan dengan margin profit hingga 50%! Sebuah angka yang menggiurkan bukan , bagaimana apakah anda mau ambil peluang ini?


25. Ayam dan belibis bakar betutu khas bali Peluang Usaha Kuliner Makanan kawasan tradisional prospek di Jakarta , Bandung , dan kota besar lainnya


Peluang perjuangan belibis dan ayam bakar betutu


Siapa yang belum pernah mendengar atau mencoba ayam betutu gilimanuk khas bali? Sebagian mungkin sudah pernah mendengar dan mencobanya dan sebagian lagi belum.

Ayam betutu ialah ayam olahan khas Bali yang biasanya disajikan dengan kacang sangrai. Sedikit inovasi dari ayam betutu ialah ayam betutu yang dibakar. Ya , ayam bakar betutu! Rasanya jangan ditanya , penggemar ayam dan pedas pasti bilang lezat sekali! Inovasi yang lebih gres ialah selain ayam , belibis juga bisa dibuat betutu lho , belibis bakar betutu double anti mainstreamnya!

Dengan bermodalkan mulai ratusan ribu rupiah anda bisa mencoba membuka perjuangan ayam dan belibis bakar betutu khas Bali. Untungnya bisa ditebak , mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah!

Contoh sukses ialah Nourrobby Aulada alias Robby yang sukses menjalankan perjuangan ayam dan belibis betutu mas Robby di Semarang dari usia 18 tahun lho. Dengan kisaran harga 15-20ribu , Robby bisa meraih omset puluhan juta rupiah per bulannya. Makanan khas Bali di Semarang aja laris , apalagi di Jakarta kota multi culture dan kota lainnya.

Makara , apa kau mau mengikuti jejak sukses Robby? Ayo action segera!



Itulah 25 Peluang Usaha Kuliner Makanan Diperkirakan Laris Tahun 2017. Sudah terpikir ingin bergelut di bidang yang mana?

Jangan lupa share link artikel ini di sosial media anda siapa tahu ada yang membutuhkan. Bagikan pendapat anda mengenai artikel ini di kolom komentar ya , terima kasih  atas share dan komentarnya :)


Referensi :


https://id.wikipedia.org/wiki/Kuliner_tradisional_indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Masakan_Indonesia
https://id.pinterest.com

Share this:

Disqus Comments