20 Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses

20 Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses

Blog Bisnis Indonesia | 20 Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses - Bisnis ternak lele menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Apalagi konsumsi lele di Indonesia cukup tinggi , dilihat dari bertebarannya banyak sekali warung pecel lele tenda di malam hari.

Untuk memulai dan merambah Peluang Usaha Ternak Lele , ada 20 hal yang harus Anda perhatikan. Mari simak ulasan berikut.




1. Anda Perlu Mengenal Ikan Lele Sebelum Memutuskan Mengambil Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Budidaya Ikan Lele


Anda Perlu Mengenal Ikan Lele Sebelum Memutuskan Mengambil Peluang Usaha Ternak Lele


Terdapat 5 jenis ikan lele yang biasa hidup di Indonesia , yaoti Clarias batracus (ikan lele lokal) , Clarias leiacanthus , Clarias teijsmani , Clarias nieuhof , dan Clarias meladerma. Namun yang paling banyak dikembangkan ialah jenis ikan lele lokal ,yaitu Clarias batracus.

Ikan lele lokal ada yang berwarna hitam atau abu-abu , berwarna putih , belang hitam dan putih , serta ada pula yang berwarna kemerahan. Namun sangat jarang sekali kini ditemui yang putih atau merah. Ada pula lele dumbo yang merupakan peranakan hasil dari kawin silang.


2. Anda Perlu Memahami Habitat Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Lele merupakan ikan air tawar yang banyak hidup di dataran rendah. Warga pantura banyak beternak lele di kawasan bekas tambak. Ikan lele secara alami juga dapat tumbuh di sungai yang airnya mengalir dengan tenang.

Ikan lele ini cukup tangguh untuk bertahan di habitat yang kualitas airnya cukup buruk. Pada air yang kadar oksigennya sangat rendah pun bergotong-royong ikan lele masih dapat hidup.

Namun bila Anda berniat untuk membudidayakan lele , maka dibutuhkan air yang bersih demi pertumbuhan lele yang lebih cepat.


3. Anda Perlu Pemilihan Bibit Unggul Dalam Mengambil Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Budidaya Ikan Lele


Anda Perlu Pemilihan Bibit Unggul Dalam Mengambil Peluang Usaha Ternak Lele

Artikel Terkait : 20 Peluang Usaha Kuliner Laris Tahun 2017


Agar nantinya berkembang biak dengan hasil yang baik dan memuaskan , tentunya Anda perlu melaksanakan pemilihan bibit unggul secara teliti. Pilihlah benih yang kira-kira aktif , garang , gesit berenag , dan tidak lesu.

Pilihlah benih lele yang memiliki warna kulit lebih cerah atau terperinci dibandingkan lele lainnya. Kemudian pilihlah yang kira-kira berukuran sama rata sehingga Anda lebih mudah membudidayakannya.


4. Anda Perlu Memahami Pelepasan Benih Ke Kolam Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Budidaya Ikan Lele


Untuk melepaskan benih ke kolam , jangan eksklusif memindahkan benih lele masuk ke dalam kolam yang besar. Berikan waktu sejenak semoga lele terbiasa menyesuaikan diri dengan air kolam.

Caranya , Anda dapat menyerok air kolam ke dalam bejana berukuran sedang , kemudian masukkan benih lele ke dalam bejana tersebut selama kira-kira 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu barulah lele siap dimasukkan ke dalam kolam besar.


5. Anda Perlu Memilih Makanan Ikan Lele yang Tepat Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Anda Perlu Memilih Makanan Ikan Lele yang Tepat Dalam Peluang Usaha Ternak Lele



Di alam terbuka , lele termasuk ikan yang dapat memakan hewan lain ibarat cacing , laron , jentik serangga , siput air , kutu air , dan banyak sekali serangga di dalam air. Lele banyak aktif di malam hari , sementara di siang hari biasanya akan mengumpat di dasar perairan sambil memakan makanan yang tenggelam.

Lele memiliki sifat kanibal , yaitu memakan sesamanya yang lebih kecil bila kelaparan. Oleh alasannya ialah itu , bagi Anda yang beternak lele jangan hingga lengah dalam memberikannya pakan.


6. Anda Perlu Memahami Jenis Pakan Lele : Pelet Terapung dan Tenggelam Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Lele


Dalam perjuangan beternak lele , salah satu biaya terbesar ialah di bab pakan lele. Ada baiknya untuk menggunakan pakan buatan pabrik yang telah dijamin mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang lele.

Namun pakan ini harganya cukup mahal , alasannya ialah impor dari luar negeri. Walaupun sudah ada yang memproduksinya di dalam negeri , namun kualitasnya masih kurang dibandingkan pakan impor.

Pakan lele biasanya berbentuk pelet kecil-kecil sehingga mudah dimakan lele. Terdapat dua jenis pakan pelet , yaitu pelet yang dapat karam dan pelet yang terapung di permukaan air. Pakan lele mengandung banyak sekali nutrisi untuk menunjang pertumbuhan lele.


7. Anda Perlu Mengetahui Kandungan Pakan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Anda Perlu Mengetahui Kandungan Pakan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele

Artikel Terkait : 20 Peluang Usaha Minuman Modal Kecil Terbukti Laris Manis


Pakan tentunya perlu memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Di dalam pakan lele , seharusnya sudah lengkap banyak sekali nutrisi berikut :


  • · Karbohidrat : sebagai sumber energi lele , terdiri dari materi ekstra tanpa nitrogen (BETN) yang mengandung gula , pati , dan hemiselulosa. Ikan lele membutuhkan 15-20% karbohidrat dari keseluruhan jumlah pakan
  • · Lemak : membantu absorpsi banyak sekali mineral dan sumber energi cadangan. Pakan lele seharusnya mengandung 4-16% lemak dari keseluruhan jumlah pakan. Kadar lemak dalam pakan seharusnya dijaga rendah alasannya ialah bila tidak akan menjadikan pakan teroksidasi dan menjadi bau.
  • · Mineral : dibutuhkan untuk metabolisme ikan , membentuk jaringan badan , serta menjaga keseimbangan osmotik. Beberapa mineral yang dibutuhkan antara lain fosfor , kalsium , welirang , klorida , natrium , kalium , magnesium , zat besi , dan kobalt.
  • · Protein. Minimal 35% dari total pakan.



8. Anda Perlu Memahami Banyaknya Pemberian Pakan Per Hari Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Tentunya pemberian pakan harus memperhatikan bobot ikan lele yang Anda ternakkan. Jumlahnya tidak boleh kurang alasannya ialah dapat menjadikan pertumbuhan lele terhambat , sebaliknya bila terlalu banyak , pakan akan banyak terbuang sia-sia membusuk di dasar kolam.

Sebetulnya ada trik khusus menghitung pemberian pakan ini , yaitu dengan memberikannya sekitar 3-6% dari bobot lele. Misalkan kira-kira lele Anda berukuran kecil seberat 100 gram , maka dibutuhkan 3-6 gram pakan per harinya.

Jika tidak ingin repot-repot menghitung , cobalah memberi pakan sedikit demi sedikit , kemudian lihat reaksi lele. Jika pakan eksklusif habis , tambahkan. Namun sebaliknya bila lele sudah tidak berminat lagi makan , hentikan pemberian pakan.


9. Anda Perlu Mengetahui Frekuensi Pemberian Pakan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Anda Perlu Mengetahui Frekuensi Pemberian Pakan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Untuk lele yang masih berukuran kecil , biasanya akan lebih membutuhkan pakan yang banyak , sehingga dibutuhkan 3-5 kali dalam sehari untuk memberikannya pakan. Sementara untuk lele yang berukuran sudah besar , 3 kali pakan dalam sehari biasanya sudah cukup.

Hal yang harus diperhatikan ialah ikan lele tidak tidur di malam hari , atau disebut dengan makhluk nokturnal. Kaprikornus , sebaiknya Anda alokasikan waktu untuk memberi pakan di malam hari pula. Memberi pakan mampu dilakukan setiap 5 jam sekali , contohnya bila Anda mulai jam 7 pagi , maka selanjutnya ialah jam 12 siang , jam 5 sore , dan jam 10 malam untuk jadwal pemberian pakan.


10. Anda Perlu Mengetahui Pentingnya Pemberian Vitamin Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Ikan Lele


Vitamin dibutuhkan semoga lele tidak mudah terserang penyakit dan dapat menghindari hama dengan baik. Vitamin juga berfungsi untuk menjaga semoga ukuran ikan lele di dalam kolam tetap sehingga menunjukkan panen yang maksimal.


11. Anda Perlu Mengetahui Metode Pembiakan dengan Kolam Semen Dalam Peluang Usaha Ternak Ikan  Lele


Anda Perlu Mengetahui Metode Pembiakan dengan Kolam Semen Dalam Peluang Usaha Ternak Lele

Artikel Terkait : Aneka Peluang Usaha Lainnya


Kolam yang disemen berbentuk persegi panjang cukup baik untuk budidaya lele. Ukuran kolam sebaiknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil , sekitar 15-40 m2 saja semoga perawatannya lebih mudah.

Atur hingga kedalaman kolam mencapai 1-1 ,5 meter. Namun bila lele masih berukuran kecil , 40-50 cm pun cukup. Intinya kedalaman air ditambah seiring pertumbuhan lele.


12. Anda Perlu Mengetahui  Metode Pembiakan dengan Kolam Tanah Dalam Peluang Usaha Ternak  Ikan Lele


Ukuran kolam tanah dan kedalaman air kira-kira sama dengan kolam semen. Namun alasannya ialah tidak dilapisi semen , maka Anda harus memilih tempat yang sempurna dengan tanah yang dapat menahan air , strukturnya kuat dan tidak memiliki banyak kerikil sehingga mudah dijadikan kolam. Contoh jenis tanah yang sempurna ialah tanak lempung atau tanah liat.


13. Anda Perlu Mengetahui Metode Pembiakan dengan Kolam Terpal Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Anda Perlu Mengetahui Metode Pembiakan dengan Kolam Terpal Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk membuat kolam semen atau kolam tanah , maka kolam terpal ialah pilihan yang cocok bagi Anda. Selain ukurannya yang lebih kecil , efektivitas kolam terpal ini cukup tinggi , lho. Gunakan terpal berkualitas baik sehingga nantinya terpal tidak mudah rusak oleh banyak sekali gangguan.


14. Anda Perlu Memahami Perkembangbiakan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Pada ketika ekspresi dominan hujan , biasanya lele mulai berkembang biak dengan menghasilkan telur. Perkembangbiakan lele terjadi secara ovipar , yaitu dengan pembuahan di luar tubuh.

Pada ekspresi dominan hujan , biasanya kualitas air meningkat serta jasad renik yang menjadi pakan alami pun bertambah sehingga lele bersemangat untuk berkembang biak.


15. Anda Perlu Memperhatikan Faktor Teknis Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Lele


Anda Perlu Memperhatikan Faktor Teknis Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Beberapa faktor teknis perlu diperhatikan alasannya ialah besar lengan berkuasa eksklusif pada keuntungan usaha:


  • · Sumber air kolam. Pastikan sumber air untuk kolam bebas dari pengaruh banjir. Sumber air dapat berasal dari sumur pompa , fatwa sungai atau mata air.
  • · Jenis tanah. Untuk kolam tanah , pastikan tanah terhindar dari struktur yang kurang kuat dan berpotensi mengalami rembesan. Pilih tanah jenis lempung berpasir , tidak berbatu , dan tanah liat.
  • · Lokasi jauh dari limbah. Ikan lele sangat peka terhadap lingkungan yang tercemar , sebisa mungkin jauhi dari lingkungan tercemar untuk memaksimalkan budidaya.
  • · Kualitas air. Temperatur 25-30oC , pH 6 ,5-8 ,5 dan kadar oksigen terlarut minimal 3 ppm.



16. Anda Perlu Memperhatikan Faktor Non-Teknis Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Berikut merupakan faktor non-teknis yang secara tidak eksklusif dapat menghipnotis untung ruginya sebuah perjuangan ternak lele :


  • · Adanya sarana produksi. Perhatikan lokasi yang strategis dalam menerima benih ikan , pakat , nutrisi , peralatan kebijaksanaan daya , dan obat-obatan
  • · Lokasi erat dengan pasar atau jalan. Ingatlah bahwa Anda akan menjual hasil budidaya lele. Lebih erat tempatnya dengan pasar yang Anda bidik atau dengan jalan yang ramai lalu lalang orang , makin tinggi peluang Anda untuk berhasil.
  • · Keamanan. Hindari tempat yang rawan akan hama , gangguan orang tidak bertanggung jawab , atau kemungkinan musibah yang tinggi.



17. Anda Perlu Mengetahui Masa Panen Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele

Anda Perlu Mengetahui Masa Panen Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele



Panen dapat dilakukan setelah 90 hari lele berada dalam kolam. Biasanya pada umur ini ikan lele sudah cukup besar untuk dipasarkan untuk kemudian dijadikan santapan dalam banyak sekali hidangan. Biasanya sesudah berumur 1 ,5 bulan , bobot ikan lele mencapai 4-7 ekor per kilogramnya.


18. Anda Perlu Menargetkan Pemasaran Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Tentunya Anda memerlukan pasar semoga ternak lele Anda menghasilkan keuntungan. Cobalah untuk memasok ikan lele Anda ke pasar terdekat , atau warung-warung tenda pecel lele yang biasa buka di malam hari.

Coba pula menargetkan restoran yang ada di sekitar tempat Anda beternak , alasannya ialah akan menghasilkan peluang lebih besar bagi urusan ekonomi Anda.


19. Anda Perlu Memasarkan Secara Online Di Era Digital Sekarang Ini Penting Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Anda Perlu Memasarkan Secara Online Di Era Digital Sekarang Ini Penting Dalam Peluang Usaha Ternak Lele


Di zaman yang sudah canggih ini , tentunya Anda jangan hingga ketinggalan untuk memasarkan secara online urusan ekonomi Anda. Mulai dari website pribadi , lapak jualan , media umum , semuanya dapat Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan yang lebih besar sekaligus membesarkan urusan ekonomi Anda.


20. Anda Perlu Mengetahui Kisaran Omzet Peluang Usaha Ternak Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele Untuk Mengetahui Estimasi Keuntungan Anda Tiap Bulan


Seorang peternak lele berjulukan Fauzan Hangriawan dapat meraup omset ratusan juta rupiah dari urusan ekonomi lele. Saat ini , harga ikan lele per kg nya mencapai 17.000-20.000 rupiah.

Peternak tersebut dapat menghasilkan sekitar 200 kg lele per harinya , sehingga bila dihitung kira-kira ia menghasilkan 3.400.000 rupiah per harinya , atau lebih dari 100 juta rupiah per bulan. Sebuah angka yang fantastis untuk yang tidak kenal menyerah.


Demikian tadi artikel 20 Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses. Bagaimana pendapat anda ihwal artikel ini? Bantu Share di sosial media anda dan bagikan pendapat anda di kolom komentar ya terima kasih :)



Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Lele
https://id.wikipedia.org/wiki/Lele_dumbo
https://id.wikipedia.org/wiki/Budi_daya_ikan_lele

Share this:

Disqus Comments