9 Macam Usaha Kuliner Makanan Yang Cocok Bagi Pemula

9 Macam Usaha Kuliner Makanan Yang Cocok Bagi Pemula

Blog Bisnis Indonesia |
Macam Usaha Kuliner Makanan Yang Cocok Bagi Pemula ~ Salah satu kebutuhan primer insan ialah makanan. Tidak ada insan yang tidak membutuhkan makanan dan kebutuhan tersebut akan terus berlangsung selama insan masih ada dibumi ini. Oleh kesudahannya , urusan ekonomi masakan atau urusan ekonomi makanan menjadi sektor urusan ekonomi yang tidak pernah mati.

Melihat perkembangan peradaban insan , makanan tidak hanya sebatas pengenyang perut namun juga sebagai prestise terhadap kedudukan seseorang di dalam strata sosial. Tak heran bila kemudian muncul restoran - restoran yang berani memasang harga tinggi untuk makanan yang tersedia di restoran tersebut karena makanan seseorang menawarkan menyerupai apa kedudukan seseorang.

Melihat kebutuhan masyarakat akan masakan , menimbulkan beberapa orang kemudian melirik bisnis masakan sebagai jalan pencaharian tak terkecuali para artis yang kini mulai melebarkan sayap dibidang perkulineran. Bagi sobat urusan ekonomi yang ingin menjalankan perjuangan masakan namun masih resah wangsit apa yang sekiranya cocok bagi anda , silahkan simak artikel lengkap 25 Ide Usaha Kuliner Rumahan berikut ini :


Usaha Jasa Kuliner


Usaha Katering
  • Usaha Chatering
    Pada awalnya , perjuangan katering hanya dipakai di kalangan atas dan pada moment - moment tertentu menyerupai pesta perusahaan atau ulang tahun. Sementara di kawasan pedesaan atau di wilayah yang masih menjaga adat dengan berpengaruh , dalam menghidangkan makanan bagi para penerima atau tamu masih menggunakan sistem bantu-membantu dengan memasak sendiri makanan tersebut.Lalu masyarakat kian sibuk sehingga kebutuhan katering kemudian mulai dipakai di program - program tahlilan , kenduri , syukuran khitanan dan lain sebagainya. 

    Salah satu keunggulan perjuangan katering ialah kebutuhan modal yang tidak terlalu besar karena urusan ekonomi katering biasanya memasang sistem uang muka atau bahkan dibayar dulu gres kemudian dimasakkan. Dengan sistem yang demikian , maka para pemula urusan ekonomi masakan bisa jadi tidak membutuhkan modal sepeserpun karena modal telah disediakan oleh pembeli. Apakah anda tertarik dengan urusan ekonomi katering? 

  • Kursus Memasak

    Usaha Kursus Memasak Makanan
    Bukan belakang layar lagi bahwa dari tahun ke tahun , wanita yang berilmu memasak semakin berkurang karena wanita sekarang seringkali sibuk dengan aktifitas di tempat kerja atau sibuk di sekolah maupun kampus. 

    Kondisi ini membuat beberapa orang kemudian berinisiatif dengan mendirikan kursus memasak bagi perempuan atau ibu rumah tangga. Tak hanya mereka yang telah berusia matang , bahkan kini muncul kursus memasak bagi anak - anak. 

    Syarat utama dalam menjalankan urusan ekonomi jasa kursus memasak tentunya ialah kemampuan memasak anda harus mumpuni serta disiplin berusaha supaya pelanggan puas dengan pendidikan yang anda berikan. Ingin mencoba? Baca lebih lanjut diartikel berikutnya.

Usaha Kuliner Makanan Ringan

  • Usaha Keripik
    Bisnis Kuliner Keripik

    Indonesia memiliki tanah yang luas dan subur serta sumber daya alam yang melimpah. Ada banyak tanaman yang dapat tumbuh di negara ini. Tak heran apabila di dalam lagu "kolam susu" dikatakan kerikil dan kayu jadi tanaman karena suburnya tanah di Indonesia sehingga batang yang diletakan secara sembarangan saja dapat tumbuh menjadi tanaman.

    Dengan banyaknya hasil tanaman menyerupai singkong , ubi jalar , pisang dan lainnya tentu menjadi keberkahan tersendiri karena harga hasil tanaman tersebut termasuk murah meriah. Bahan baku yang murah menimbulkan perjuangan keripik menjadi salah satu perjuangan yang tidak ada matinya. Selain itu , ketersediaan materi baku yang melimpah juga menjadi salah satu karena mengapa urusan ekonomi perjuangan masakan termasuk primadona bisnis kuliner
  • Usaha Makanan Rengginang Atau Rempeyek
    Rengginan atau rempeyek merupakan jenis makanan yang sudah dikenal dari dulu. Makanan renyah yang umumnya dibuat dari tepung dan ditaburi kacang kedelai ini menjadi makanan rakyat yang murah dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat pedesaan.

    Modal yang diharapkan terhitung sangat kecil namun memiliki potensi keuntungan sampai 50%. Di Jogjakarta , seorang ibu rmah tangga mantan pekerja pabrik berhasil menghasilkan omzet sampai Rp. 300 juta rupiah hanya dari produksi rengginang atau rempeyek. Usaha masakan yang satu ini akan meroket permintaannya terutama pada ketika menjelang Idul Fitri.
  • Usaha Kuliner Kacang Goreng
    Apa makanan ringan atau cemilan yang paling pas ketika menonton sepak bola? Yups , kacang goreng. Salah satu makanan ringan yang paling digemari ini termasuk perjuangan masakan yang sampai kini masih eksis. Hampir semua lapisan masyarakat menyukai cemilan yang satu ini sehingga pangsa pasarnya termasuk besar.

    Meski telah banyak pesaing - pesaing kelas kakap yang bermain di urusan ekonomi ini. Dengan jumlah peminat yang besar , menimbulkan perjuangan kacang goreng layak untuk dicoba karena margin keuntungannya termasuk besar.

Usaha Makanan Siap Saji

  • Usaha Ayam Bakar dan Goreng

    Bisnis Kuliner Ayam Bakar

    Jika diperhatikan , perjuangan ayam goreng maupun ayam bakar semakin menjamur di beberapa pinggiran jalan. Rasa yang khas daging ayam yang dilumuri kecap manis serta lalap kobis dan timun menimbulkan menu yang satu ini menjadi makanan rakyat yang lezat.

    Keuntungan perjuangan ini mencapai 30% dari total modal. Makara ketika anda mengeluarkan modal Rp. 10.000 per porsi , anda bisa mengambil keuntungan sebesar Rp. 3.000 dari setiap porsi yang terjual. Namun perlu diingat bahwa ayam bakar memiliki satu kriteria yang harus dipenuhi yaitu meresapnya bumbu dalam daging serta teknik pembakaran yang pas sehingga tidak gosong diluar.

    Selain itu , pemilihan lokasi juga sangat menentukan keberhasilan urusan ekonomi masakan yang satu ini. Jika anda berminat menjalankan perjuangan masakan ini , cobalah untuk meracik bumbu khas anda serta memilih lokasi yang strategis serta nyaman sehingga para pembeli betah untuk mampir di tempat anda.
  • Usaha Kuliner Nasi Goreng
    Cobalah anda hitung semangkuk nasi serta bumbu - bumbunya. Bahand dasar nasi goreng sangat murah namun setelah disulap menjadi nasi goreng harganya mencapai sepuluh ribu rupiah. Bisa anda hitung margin keuntungan yang didapat dari berjualan masakan nasi goreng.

    Sekali lagi , penempatan lokasi menjadi faktor penting dari perjuangan masakan nasi goreng. Jika anda ingin meraih keberhasilan dalam menjalankan Bisnis masakan nasi goreng , pilihlah lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat serta memiliki lahan parkir yang cukup luas.

Usaha Kuliner Minuman

  • Usaha Kuliner Sop Buah
    Buah menjadi salah satu kebutuhan insan yang didalamnya terdapat berbagai vitamin. Untuk menambah variasi rasa , dibuatlah menu sop buah yang menggabungkan beberapa buah dalam satu mangkuk serta diberi susu , es serta sirup.

    Rasa yang bervariasi serta manis susu dan sirup ini sangat digemari masyarakat khususnya di kawasan kampus. Namun untuk menjalankan perjuangan yang satu ini , anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam karena harga buah tertentu termasuk mahal sehingga bisa jadi anda membutuhkan dana jutaan rupiah untuk membuka perjuangan ini.

    Meski keuntungan usaha kuliner  yang didapat besar , resiko perjuangan masakan ini juga termasuk besar karena adanya faktor amis pada buah apabila tidak kunjung laku. Oleh karena itu , anda harus memiliki kulkas sebagai salah satu alternatif supaya buah tidak cepat membusuk.

  • Usaha Kuliner Minuman Juz
    Salah satu minuman yang lezat dan menyehatkan ialah juz. Juz dikenal masyarakat sebagai minuman sari buah alami yang nikmat dan segar. Minuman ini dipercaya juga dapat menambah kecantikan seseorang sehingga minuman yang satu ini memiliki banyak penggemar.

    Selain itu , dalam membuat juz tidak serumit sop buah karena biasanya juz dibuat dari satu jenis buah yang diblender. Anda bisa juga menggunakan juz instan yang kini banyak dijual di toko - toko bila anda tidak ingin menggunakan buah alami karena takut tidak laku dan busuk. Namun , kebanyakan masyarakat khususnya usia remaja dan remaja lebih menyukai juz alami ketimbang juz instan.
Dari jenis perjuangan masakan di atas , adakah jenis perjuangan yang anda minati? Jika belum , terus subscribe website https://manegasbigshow.blogspot.com untuk menerima update perjuangan masakan lainnya. 

Share this:

Disqus Comments