Peluang Usaha Ikan Gabus yang Mudah

Peluang Usaha Ikan Gabus yang Mudah

Blog Bisnis Indonesia |
Peluang Usaha ~ Apakah Anda pernah mendengar ikan gabus? Ikan gabus merupakan ikan yang memiliki kelapa besar menyerupai ular dan memanjang yang hidup di air tawar. Ikan ini mempunyai sirip yang memanjang dengan ekor membulat. Penampilannya menyerupai ikan lele namun tidak berkumis dan lebih hitam. Ikan ini mudah ditemukan di rawa-rawa , danau , sungai-sungai , hingga parit kecil dan fatwa sawah. Ikan ini juga mampu tumbuh besar hingga 1 meter. Ikan gabus yang merupakan hewan air asli dari Indonesia merupakan hewan predator yang suka memangsa hewan yang lebih kecil apabial di alam liar.

Ikan yang satu ini termasuk binatang yang mampu hidup di kawasan yang kekurangan air alasannya ialah ikan indah memiliki sistem pernafasan dengan menggunakan labirin. Ikan yang dikenal dengan nama kutuk di Jawa ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Kandungan asam amino baik yang esensial dan non esensialnya mampu menyembuhkan banyak sekali penyakit menyerupai hepatitis , stroke , dan bisul paru. Kandungan albumin juga indah untuk membantu proses penyembuhan luka-luka. Sedangkan untuk peluang urusan ekonomi budidaya ikan gabus sendiri masih sangat terbuka lebar. Pembudidayaan ikan gabus masih dilakukan oleh kalangan terbatas saja.

Peluang Usaha Ikan Gabus yang Mudah


Hal apa saja yang harus Anda persiapkan dalam memulai perjuangan budidaya ikan gabus?

Untuk memulai perjuangan budidaya ikan gabus tolong-menolong termasuk hal yang mudah alasannya ialah ikan ini termasuk ikan yang mampu hidup di segala cuaca dan keadaan bahkan tanpa air pun mereka masih mampu hidup. Ikan gabus memiliki prospek yang indah alasannya ialah banyak orang yan membutuhkannya baik untuk alasan medis atau untuk konsumsi harian. Namun Anda harus mengetahui beberapa persiapan yang diperlukan di antaranya adalah:

1. Persiapan Kolam dan Air
Dalam memulai perjuangan budidaya ikan gabus , hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah mempersiapkan bak dan air dengan benar. Untuk pembuatan bak hendaknya dibuat dengan dinding beton namun berlantai tanah dengan ukuran 3 hingga 5 meter. Buat bak tersebut dengan sesuai habitat aslinya dengan menaburkan beberapa karung kotoran hewan menyerupai kotoran ayam , puyuh , kambing dan lain-lainnya yang sudah kering.

Kotoran tersebut akan membuat bak memiliki PH dan keadaan yang persis dengan habitatnya. Setelah itu , aliri air hingga menggenang dengan ketinggian 40 cm samapai 100 cm. Biarkan air tersebut tercampur dengan kotoran-kotoran tersebut selama satu ahad hingga akan muncul banyak sekali pakan alami ikan gabus menyerupai plankton dan lumut.

.2. Pemilihan Bibit Ikan Gabus
Untuk pemilihan bibit ikan gabus , pilihlah bibit yang sehat dan memiliki kualitas yang bagus. Bibit ikan gabus tersebut tentunya sudah disortir dengan bagus. Kepdatan benih yang ditaburkan hendaknya sekitar 50 hingga 80 ekor per meter perseginya. Apabila mereka sudah agak besar dan tumbuh cukup umur , taruhlah di bak yang lebih besar lagi semoga mereka mampu tumbuh dengan optimal.


3. Pemberian Pakan
Pemberian pakan pada ikan gabus sangatlah mudah alasannya ialah tolong-menolong mereka mampu makan apa saja baik yang kita kasih atau yang sudah ada di kolam. Selama ikan dalam proses pembesaran , berikan pellet secara rutin tiga kali sehari. Pakan yang indah ialah yang mengandung protein minimal 30%. Jangan biarkan ikan-ikan tersebut kelaparan , alasannya ialah jikalau tidak , ikan-ikan tersebut akan memakan sesamanya. Anda juga mampu menambahkan asupan pelengkap semoga kebutuhan nutrisi ikan gabus semakin terpenuhi menyerupai cacing , ikan teri. bekicot dan lain sebagainya.

Bagaimana Analisa modal dan keuntungan dari perjuangan budidaya ikan gabus?

Berikut ini ialah analisa modal dan keuntungan dalam mencoba peluang perjuangan budidaya ikan gabus. Kita asumsikan untuk membudidayakan 5.000 ekor ikan gabus dengan harga per-benihnya ialah Rp.200. Maka perhitungannya ialah sebagai berikut:
Benih ikan gabus ukuran 3-5 cm kualitas indah berjumlah 5.000 x Rp.200 = Rp. 1.000.000
Kebutuhan pakan untuk ikan nila selama 1 kali panen sebesar Rp.1.500.000
Biaya lain-lain = Rp.100.000
Makara modal yang diperlukan ialah Rp.1.000.000+Rp.1.500.000+Rp.100.000 = Rp.2.600.000
Kita asumsikan bahwa dari 5.000 ikan , akan ada 10 persen ikan yang mati , maka ikan yang siap dipanen sebanyak 4.500 ekor. Jika dalam satu kilogram terdapat 4 ekor ikan , maka jumlah ikan yang dihasilkan ialah sekitar 1.125 kilogram. Apabila harga per-kilo ikan gabus ialah Rp.40.000 , maka dalam satu kali panen , omset yang dihasilkan sebesar 1.125xRp.40.000 = Rp.45.000.000
Maka keuntungan yang Anda peroleh ialah Rp.45.000.000-Rp.2.600.000 = Rp.42.400.000

Bagaimana , menguntungkan sekali bukan? Demikian ulasan menarik perihal peluang perjuangan pembudidayaan ikan gabus. Semoga bermanfaat!

Share this:

Disqus Comments