Usaha Rumahan Ternak AYam Kampung Super Cepat Panen

Usaha Rumahan Ternak AYam Kampung Super Cepat Panen

Blog Bisnis Indonesia |
Usaha Rumahan Ternak Ayam kampung Super  memang bukan hal gres bagi masyarakat Indonesia. Meski pada proses pengelolaan , sebagian besar masih menggunakan sistem tradisional atau diumbar. Sistem pemeliharaan ayam kampung dengan sistem tradisional tentu hanya dijadikan sebagai sampingan. Tidak ada perhitungan arus kas yang jelas. Masyarakat hanya memelihara ayam kampung atas dasar kesenangan lalu ketika suatu ketika membutuhkan uang mereka menjualnya walau bergotong-royong mereka merugi.

Bagi sebagian lain , usaha rumahan ternak ayam kampung sudah diternakkan dengan sistm yang lebih intensif dengan pemeliharaan yang modern. Namun demikian , kendala yang terjadi yakni lamanya panen untuk ayam kampung lokal. Atas dasar lamanya masa panen inilah kemudian beberapa pihak mulai mencoba bereksperiman membuat spesies gres yang lebih unggul. Hasil persilangan beberapa macam ayam yang telah memenuhi kriteria tertentu kemudian dikenal sebagai ayam kampung super ( ayam kamper ).

Usaha Rumahan Ternak AYam Kampung Super Cepat Panen

GPS atau "Great Parent Stock" yang digunakan biasanya yakni percampuran gen antara ayam kedu , Rhode Island Red , dan White Leghorn. Beberapa pembibit lain lebih memilih menyilangkan ayam petelur dengan ayam jenis pedaging. Dari beberapa penjelasan para peternak yang telah menjalankan perjuangan rumahan ayam kampung super , mereka menuturkan bahwa ada beberapa keunggulan memelihara ayam kampung super dibanding ayam kampung lokal diantaranya yakni :

  • Cita Rasa Lebih Gurih
    Salah satu alasan mengapa ayam kampung masih diminari masyarakat sampai kini yakni alasannya yakni rasanya yang gurih dan khas. Daginnya padat dan kenyal berbeda dengan jenis ayam pedaging menyerupai broiler. Tak terkecuali ayam kampung super , ayam kampung super rupanya juga memiliki citarasa yang katanya bahkan lebih gurih dari ayam jawa lokal.
  • Lebih Sehat
    Dengan tingkat pemeliharaan yang intensif serta singkatnya waktu pemeliharaan membuat resiko ayam terkontaminasi penyakit lebih kecil. Tak hanya itu gizi yang terkandung dalam daging ayam kampung super juga lebih besar.
  • Lebih Cepat Panen
    Ayam pedaging mempunyai masa pemeliharaan sampai panen selama 40 hari , sementara ayam kampung lokal mampu mencapai 6 bulan bahkan satu tahun. Bandingkan dengan ayam kampung super yang mampu dipanen setelah 40 hari - 60 hari pemeliharaan.
  • Lebih Tahan Penyakit
    Salah satu keunggulan lain dari perjuangan rumahan ayam kampung super  adalah ketahanan ayam kamper yang lebih tinggi. Hal ini terbukti dari rendahnya tingkat ajal populasi yang biasanya hanya dua persen dari total populasi atau paling buruk biasanya yakni 10 persen.
  • Lebih Mahal
    Selama ini ayam kampung super memiliki harga yang rata - rata stagnan. Tidak menyerupai harga ayam broiler yang mampu berubah drastis. Harganya juga lebih tinggi daripada ayam pedaging. Oleh alasannya yakni itu dengan adanya ayam kampung super maka anda akan menerima keuntungan yang lebih cepat menyerupai ayam pedaging namun dapat menjual ayam dengan harga menyerupai ayam kampung lokal.
Namun demikian , Feed Confersion Ratio atau rasio makannya tentu menjadi lebih besar sehingga biaya yang kemudian membengkak biasanya ada pada makanan. Jika ingin cepat hasil maka makanan harus terpenuhi dan anda harus teliti dalam membeli ayam kampung super. Kenali dari jenis bibit apakah ayam kamper didapatkan. 

Sebagai pola laba rugi , berikut ini akan saya berikan contoh analisa perjuangan rumahan ayam kampung super secara sederhana dengan menghilangkan biaya kandang. Sehingga yang akan ditampilkan dibawah ini yakni biaya operasional bulanan.

 Analisa Usaha Rumahan Ayam Kampung Super 


Hal paling mendasar dalam berbisnis yakni bagaimana memperkecil pengeluaran lalu memperbesar pendapatan atau dengan kata lain memperbesar margin semoga keuntungan yang di dapat mampu semakin maksimal. Hal ini juga berlaku pada perjuangan rumahan ternak ayam kampung super , alasannya yakni bagaimanapun tujuan perjuangan tentu yakni mencari keuntungan sehingga sebelum anda melangkah lebih jauh silahkan di perhatikan bagaimana analisa laba rugi dari perjuangan ternak ayam kampung super. 

Pengeluaran : 


Jika berminat dalam urusan ekonomi ayam kampung super ini , berikut analisis urusan ekonomi ternak ayam kampung super per 1000 ekor :

A. Pengeluaran
No
Keterangan
Harga Satuan
Jumlah Unit
Jumlah
1
Pembelian bibit DOC
Rp.     4.200
1000 + 2 ekor
Rp.   4.200.000
2
Pakan 0 – 60 hari
Rp. 250.000
40 Sak
Rp. 10.800.000
3
Vitaman , Air , Listrik
Rp.1.000.000

Rp.      500.000






Jumlah


Rp  15.500.000

Perhitungan di atas merupakan perhitungan biaya operasional dalam satu kali panen dengan meniadakan modal tetap menyerupai sangkar dan lainnya. Namun sebagai gambaran untuk per lima ratus ekor ayam kampung super , kebutuhan sangkar , daerah air minum dan sejenisnya biasanya menghabiskan modal sampai Rp. 4.000.000 sehingga kalau anda ingin memelihara sekitar 1000 ekor ayam maka membutuhkan perhiasan dana sekitar 8 juta.

Baca juga : 

B. Pemasukan
Menurut para pelaku urusan ekonomi rumahan ayam kampung super , angka ajal ketika memelihara ayam kampung super yakni sekitar 2 - 10 %. Jika kita mengambil angka ajal terburuk yaitu 10 persen maka akan di dapat jumlah prediksi angka ajal yakni 10% x 1000 ekor = 100 ekor. Dengan kata lain , jumlah ayam kampung super yang hidup yakni sekitar 900 ekor. 

Ketika ingin menjual ayam kampung biasanya bobot standar yang dicari di restoran yakni sekitar 0 ,8 - 0 ,9 kg. Asumsi kita ingin menjual ketika bobot 0 ,9 kg / kg sehingga akan di dapat total berat 900 ekor x 0 ,9 kg = 810 kg

No
Keterangan
Harga Satuan
Jumlah Unit
Jumlah
1
Penjualan Ayam
Rp 24.000/kg
0.9 kg x 900 = 810 kg
     Rp.  19.440.000






Jumlah


   Rp 19.444.000
 

Pendapatan Bersih
= Pemasukan – Pengeluaran

= Rp 19.440.000 – Rp.15.500.000

= Rp  3.940.000

Rasio Keuntungan : 3.940.000 : 15.500.000 x 100% = 25.42 %
Prediksi dari modal yang anda keluarkan akan menghasilkan 25 ,42 % keuntungan. Misal anda mengeluarkan modal sekitar Rp. 1.000.000 maka keuntungan yang akan di dapat yakni Rp. 1000.000 x 25.42% = 250.420 .

Namun demikian ketika anda menambah jumlah ayam yang dipelihara sehingga anda membutuhkan tenaga kerja maka perhitaungan di atas di kurangi biaya upah kerja. Untuk perhitungan juga mampu berbeda - beda sesuai masa dan daerah usaha.

BUSINESS PLAN 

Sebelum anda memutuskan untuk terjun di dunia perjuangan rumahan ayam kampung. Ada baiknya anda menyadari bahwa perjuangan ternak selalu memliki resiko terkhusus menyerupai hama atau wabah penyakit yang mampu saja menyerang secara mendadak sehingga sebagian bahkan seluruh produksi mampu gagal panen.

Menyikapi hal tersebut maka perlu anda perhatikan kebersihan sangkar dengan baik. Tanggap terhadap keadaan alam sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan - kemungkinan yang mungkin akan terjadi.

Selain menjual ayam kampung dalam keadaan hidup , anda juga menjualnya dalam bentuk karkas. Jika anda ingin lebih maju lagi , cobalah memproduksi makanan olahan ayam kampung sehingga perjuangan rumahan anda mampu berkembang. Hal ini dekat kaitannya ketika harga ayam kampung sedang jatuh atau ajakan terhadap ayam kampung sedang sepi anda tetap mampu menjualnya untuk perjuangan masakan anda sendiri. 

Akhirnya , semoga artikel ihwal perjuangan rumahan ternak ayam kampung super mampu bermanfaat untuk anda.

Share this:

Disqus Comments